Bupati Himbau Peserta Tajemtra Untuk Tetap Jalankan Sholat

Jember (titik0km.com) – Pelaksanaan Gerak Jalan Tanggul-Jember Tradisional (Tajemtra) 2019 akan digelar pada Sabtu 31 Agustus mendatang, waktu pelaksanaan sejauh ini belum ada perubahan, yakni tetap dilaksanakan pada siang hari sampai selesai, namun meski demikian, Bupati Jember melalui M. Tahmrin Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga menghimbau agar peserta Gerak Jalan Tajemtra, khususnya yang beragama Muslim untuk tetap menjalankan ibadah Sholat.

“Tajemtra tahun ini tetap digelar dengan rute tetap, yaitu dari Start Tanggul dan Finish di Jember, untuk peserta yang beragama Muslim, Bupati juga menghimbau agar mereka tetap menjalankan ibadah sholat, karena perjalanannya tidak perlu dijamak, waktu sholay ya sholat, selama ini ada masukan dari beberapa pihak yang menyebutkan jika peserta Tajemtra itu kadang lupa sholat,” ujar M. Thamrin, Jumat (23/8/2019).

Untuk mengingatkan peserta agar tidak lupa kewajibannya dalam beribadah, Pemkab Jember sudah koordinasi dengan beberapa remaja masjid dan kepala desa di sepanjang jalur yang dilalui gerak jalan Tajemtra, untuk ikut melayani dan membantu peserta untuk menjalankan ibadah sholat.

“Kami juga sudah berkoordinasi dengan remaja masjid melalui camat, selain itu, tempat wudlu portable, sarung, mukena juga kami siapkan di beberapa masjid, seperti di Masjid Tanggul, Bangsalsari, dan Rambipuji,” tambah Thamrin.

Selain di tiga Masjid masing-masing kecamatan, pihaknya juga menghimbau kepada kepala desa untuk menyiapkan mushola-mushola di sepanjang jalur peserta untuk disiapkan juga perlengkapan sholat. “Siapa tahu ada yang tercecer belum sholat, karena berkaitan dengan ibadah, justru itu nomor satu,” ujarnya.

Selain menyiapkan beberapa titik tempat sholat, hal yang membedakan pada pelaksanaan Tajemtra kali ini adalah, peserta digratiskan dalam pendaftarannya, termasuk asuransinya yang sudah dibayar oleh Pemkab Jember, tidak hanya itu, panitia juga menyiapkan tukang pijat gratis.

“Untuk tahun ini, panitia juga menyiapkan tenaga pijat gratis untuk peserta yang akan di siagakan di beberapa pos, seperti di pos I Bangsalsari dan pos II Rambipuji, serta di alun-alun Jember, dan untuk tahun ini hadiah yang kami siapkan total 80 juta,”pungkasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: