Bupati Jember Resmikan Braille Corner di Perpustakaan

Jember (titik0km.com) – Pemerintah Kabupaten Jember benar benar serius dalam menciptakan Jember sebagai kota yang ramah Difabel, Rabu (15/3/2017) Bupati dr. Faida MMR bersama dengan Balai Penerbitan Braille Indonesia (BPBI) Abiyoso meresmikan Braille Corner di Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip di Jl. Panjaitan Jember.

Faida pada kesempatan tersebut mengatakan, bahwa Braille Corner yang ada di Perpustakaan adalah awal dari perpustakaan khusus bagi penyandang Difabilitas yang ada di Jember.

“Dengan diresmikannya Braille Corner ini, kami ingin ke depan ada perpustakaan khusus bagi penyandang difabel, tidak hanya di kantor perpustakaan saja, akan tetapi di setiap masjid dan taman taman juga akan disediakan perpustakaan,” ujar Faida.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Ir. Merwin Lusiani, kepada wartawan mengatakan, bahwa Braille Corner yang ada di Kantor Perpustakaan adalah hasil dari kerjasama dengan Balai Penerbitan Braille Indonesia, sehingga bisa melengkapi buku khusus Difabel.

“Alhamdulillah kantor Perpustakaan Jember sudah bisa dilengkapi buku buku khusus kaum Difabel, ada Al Quran Braiille, Komputer untuk penyandang Tuna Netra juga ada, dan fasilitas ini juga lumayan mendapat penilaian dari Kemensos yang terbaik saat ini,” ujar Merwin.

Sementara kepala Balai Percetakan Braille Indonesia Hendra Sulaiman SSTMP mengapresiasi upaya pemkab Jember dalam memenuhi kebutuhan penyandang Difabilitas, sehingga tidak salah jika Jember mendapat julukan sebagai kota yang ramah Difabilitas.

“Braille Corner ini hanya ada beberapa daerah yang memiliki, untuk jawa timur baru Malang dan Jember, khusus untuk Jember sangat luar biasa, begitu lengkap fasilitasnya dibanding beberapa daerah di Indonesia yang memiliki Braille Corner,” ujar Hendra. (AL1/MJL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: