Bupati Lumajang Bantu Operasi Gratis Kaum Dhuafa

masdarLUMAJANG (titik0km.com) – Kepedulian terhadap kaum dhuafa ditunjukkan Bupati Lumajang Sjahrazad Masdar. Buktinya, Masdar siap men-support total kegiatan operasi gratis seribu pasien yang dicanangkan Rumah Sakit Bina Sehat Jember dengan melibatkan lima kabupaten. Meliputi, Kabupaten Jember, Lumajang, Bondowoso, Situbondo, dan Banyuwangi.

“Saya sudah koordinasikan dengan dinas kesehatan untuk mengumpulkan data wargaa miskin dan kaum dhuafa yang hendak menjalani operasi gratis,” ujarnya. Pasien yang bisa menjalani operasi gratis meliputi, pasien penderita katarak, bibir sumbing, polidaktili, CTEV, dan penyakit hernia.

Dengan begitu, kata Masdar warga miskin yang tidak mampu menjalani operasi bisa terbantukan. Apalagi, warga miskin tidak perlu mengeluarkan dana apapun alias gratis. Menurut Masdar, data sementara, sudah ada 10 pasien bibir sumbing asal Lumajang yang akan menjalani operasi gratis. “Nanti dinas kesehatan turut membantu jalannya operasi gratis tersebut,” ujarnya.

Terkait hal tersebut, pihak RS Bina Sehat Jember juga sudah berkoordinasi dengan dinas kesehatan, termasuk dengan jajaran Kodim Lumajang. Ini lantaran, opeasi gratis tersebut juga dilaksanakan dengan jajaran kodim di lima kabupaten. “Koordinasi dengan jajaran kodim di lima kabupaten juga sudah dilakukan dan siap melakukan pendataan pasien miskin yang hendak menjalani operasi gratis,” ujar dr Faida MMR, dikretur RS Bina Sehat Jember.

Faida menjelaskan, saat pertemuan dengan Pangdam V Brawijaya Murdjito waktu lalu, Pangdam menggagas adanya aksi sosial operasi gratis dengan melibatkan jajaran kodim di lima kabupaten. Hal tersebut kemudian ditindaklanjuti dengan menggelar aksi sosial berupa operasi gratis untuk 1.000 kaum dhuafa bagi pasien penderita katarak, bibir sumbing, polidaktili, CTEV, dan hernia.

“Kita rutin menjalankan aksi sosial setiap tahunnya. Dengan begitu, semakin banyak warga miskin yang terbantukan dengan aksi sosial tersebut,” papar Faida yang juga Chief Executive Officer RS Al Huda, Genteng, Banyuwangi ini. (tnt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: