Titik 0 km | Dari Sini Semua Berawal
Anda di sini: Home » Bisnis » Bupati Sambut Baik Kantor KPPBC Pindah Ke Jember

Bupati Sambut Baik Kantor KPPBC Pindah Ke Jember

Bupati Sambut Baik Kantor KPPBC Pindah Ke Jember

Jember (titik0km.com) – Kantor Pelayanan, Pengawasan Bea dan Cukai (KPPBC) dari Panarukan Situbondo terhitung mulai Jumat (23/11/2018) resmi pindah di Jalan Kalimantan Jember, peresmian kantor yang membidangi barang ilegal ini diresmikan oleh Dirjen Bea Cukai pusat Heru Pambudi, dengan dihadiri oleh Kepala Kanwil Bea dan Cukai Jatim 1 dan Kanwil Jatim II, serta jajaran Forkopimda Jember, diantaranya Bupati dr. Hj. Faida MMR, Kapolres AKBP. Kusworo Wibowo, dan Dandim 0824 Letkol. Inf. Arif Munawar.

Menurut Dirjen Bea dan Cukai Heru Pambudi, pindahnya KPPBC dari Panarukan ke Jember selain karena faktor infrastruktur dan pertimbangan ekonomi suartu daerah, juga untuk mendekatkan diri ke Konsumen Bea dan Cukai yang lebih banyak di Jember.

“Pindahnya kantor KPPBC dari Panarukan ke Jember, selain faktor pertumbuhan ekonomi di masa mendatang, juga untuk mendekatkan konsumen atau klien bea cukai yang lebih banyak di Jember, dimana ada 12 konsumen bea cukai di Jember, sedangkan di Situbondo hanya ada 1 konsumen, malah di Bondowoso tidak ada konsumen kita,” ujar Heru.

Menurut Heru, pertumbuhan ekonomi di masa mendatang adalah terbangunnya infrastruktur yang saat ini sudah bergeser ke Jawa Timur wilayah timur, khususnya di Jember, jika saat ini banyak pengusaha yang membuka pabrik di Sidoarjo dan Surabaya, maka ke depan pabrik-pabrik tersebut dipastikan akan pindah ke timur.

“Adanya Infrastruktur yang menunjang menjadi alasan adanya kantor KPPBC di sini, dan potensi itu ada di Jember, selain itu, perkembangan ekonomi suatu daerah juga menjadi dasar berdirinya KPPBC, serta instansi lintas sektoral yang seiring, seperti kantor KPKNL dan juga KPPN,” tambah Heru.

KPPBC Jember sendiri membawa wilayah coverage tiga kabupaten, diantaranya Jember, Bondowoso dan Situbondo, sedangkan kasus terbongkarnya barang-barang ilegal seperti rokok dan beberapa barang impor tanpa izin lainnya juga ada di Jember.

“Dengan adanya kantor KPPBC di Jember, maka akan semakin memudahkan kami dalam pengawasan, terlebih untuk Jember sendiri dalam beberapa tahun terakhir banyak menggagalkan peredaran barang ilegal, diantaranya rokok dan kosmetik,” tambahnya.

Sementara Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR., menyambut baik kehadiran Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean C di Jember.

Kehadiran pelayanan kepabean ini diharapkan mampu memperkuat pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Jember.

Bupati Faida mengatakan, kota akan tumbuh ekonominya bila memenuhi tiga hal. Yaitu, pemerintah yang mau bekerja, swasta yang mau berinvestasi, dan masyarakat yang mendukung

Menurut orang pertama di Jember ini, pemerintah yang mau bekerja bukan hanya pemerintah daerah saja.

“Tetapi lintas instansi vertikal juga, yang di dalamnya ini ada kantor bea cukai di Jember, menjadi suatu bagian penting daripada syarat pertama,” pungkasnya. (*)

Bagikan :

Leave a Comment

Scroll to top