Cegah ISPA Dinkes dan BPBD Bondowoso Sebar Masker

BONDOWOSO (titik0km.com)Masyarakat di lereng Raung diberikan bantuan masker. Akibat Gunung Raung mengeluarkan abu vulkanik terus-menerus, ratusan warga di Desa Sumberwringin diberi bantuan masker oleh Dinas Kesehatan Bondowoso, Jumat (17/1/2013). Upaya itu dilakukan untuk menjaga kesehatan masyarakat karena udara yang dihirup sudah terkontaminasi.

Kepala Dinas Kesehatan,  M. Imron mengatakan bantuan diberikan untuk mencegah bahaya penyakit gangguan pernafasan, khususnya ISPA (Infeksi Pernafasan Saluran Akut). “Jika menghirup dalam waktu yang lama, dikhawatirkan masyarakat akan mengalami gangguan pernafasan,” ujarnya.

Selain Dinas Kesehatan Bondowoso, Dinas Kesehatan Jatim yang tergabung dalam tim Pusat Penanggulangan Krisis juga ikut terjun ke lokasi untuk memeriksa masyarakat terkena dampak abu vulkanik Gunung Raung. Sementara, ada 6 Desa terdampak yang harus segera ditangani jika Gunung Raung meletus, yakni Desa Sulek, Desa Tegaljati, Desa Sumberwringin, Desa Jebung Kidul, Desa Kembang dan Desa Rejoagung.

Kepala BPBD Harry Patriantono sendiri mengaku sangat terbantu dengan adanya bantuan masker dari Dinas Kesehatan. Menurutnya, bantuan itu sangat bermanfaat untuk masyarakat Desa terkena dampak abu vulkanik Gunung Raung.

Dikatakannya, abu vulkanik yang keluar dari Gunung Raung sangat berbahaya bagi pernafasan masyarakat. Untuk itu, masyarakat disekitar Gunung Raung harus menggunakan masker untuk menjaga kesehatannya. “Masyarakat di sekitar Gunung Raung wajib menggunakan masker. Disamping itu, BPBD juga akan terus memantau perkembangan Gunung Raung dan melakukan sosialisasi sekaligus mengambil langkah-langkah antisipasi jika nanti terjadi erupsi,” kata Harry mantan Kabag Humas ini. (asd)

Sumber : bondowosokab.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: