Dandim 0823 Situbondo Kawal Sendiri Pasien Bibir Sumbing

Pasien Bibir Sumbing (Ahmad) sedang diperiksa dr.Maria Ulfah di dampingi  Dandim 0823 Situbondo Letkol arm Sugeng RiadiSITUBONDO (titik0km.com) – Dandim 0823 Situbondo Letkol arm Sugeng Riadi terjun langsung dalam kegiatan screening awal peserta bibir sumbing operasi gratis 1.000 dhuafa di Situbondo yang dilaksanakan Rabu, 16 Januari 2013, kemarin. Kegiatan screening ini bisa berjalan sukses berkat sinergi yang terjalin dengan baik antara jajaran TNI di bawah komando Kodim 0823 Situbondo dengan Dinas Kesehatan Situbondo.

Sinergi yang baik ini terlihat sejak awal pelaksanaan screening, dimana peserta tampak antusias mengikuti jalannya kegiatan termasuk para pengantar dari koramil dan Dinas Kesehatan setempat.

Kehadiran Dandim 0823 Situbondo Letkol arm Sugeng yang langsung mengawal pelaksanaan screening ini menambah semangat, baik bagi para peserta maupun tim aksi sosial RS Bina Sehat Jember sendiri.

Didampingi Pasiter Kodim 0823 Situbondo Kapten Harsono berserta beberapa Danramil setempat Letkol arm Sugeng memberikan perhatian khusus kepada peserta melalui komunikasi dan dukungan moril kepada peserta dan keluarga peserta.

“Alhamdulillah screening dapat kita laksanakan dengan baik hari ini, terima kasih pada tim RS Bina Sehat yang sudah hadir dan kepada Dinas Kesehatan yang telah memberi dukungan penuh bagi terlaksananya kegiatan ini,” ungkapnya.

Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo yang dalam kesempatan ini diwakili Suhartini Marto Suparno SKM selaku Kasi Yankes dan Rujukan, memberikan pengawalan terhadap pelaksanaan kegiatan screening ini. Mulai dari penyediaan tempat, peralatan medis yang diperlukan sampai pada pendampingan SDM kesehatan dipersiapkan dengan baik dari Dinas Kesehatan Situbondo khusus untuk mendukung pelaksanaan screening ini.

“Kami berterima kasih atas dukungan Pemerintah Kabupaten Situbondo melalui Dinas Kesehatan sehingga pelaksanaan screening ini berjalan cukup baik dan lancar,” jelas dr. Maria Ulfah, Koordinator aksi sosial dari Rumah Sakit Bina Sehat Jember, Jatim.

Pada pelaksanaan screening di Situbondo kali ini dilakukan pemeriksaan sedikitnya kepada 15 calon peserta. “Tujuan pemeriksaan awal ini antara lain untuk menentukan klasifikasi sumbing yang diderita pasien, memeriksa kesiapan kondisi pasien sebelum dilakukan operasi serta memberikan motivasi dan edukasi awal kepada pasien maupun keluarganya sebelum dilakukan operasi,” ujarnya.

Pasien Bibir Sumbing (Ahmad) sedang diperiksa dr.Maria Ulfah di dampingi  Dandim 0823 Situbondo Letkol arm Sugeng RiadiTerkait beberapa peserta yang dalam pelaksanaan screening kali ini tidak hadir, dr. Ulfah menyampaikan bahwa peserta dapat melakukan screening susulan yang bertempat di RS Bina Sehat Jember. Pihaknya berharap kepada jajaran TNI maupun Dinkes setempat untuk dapat memotivasi peserta kembali serta memfasilitasi peserta untuk dapat dilakukan screening di RS Bina Sehat.

“Kami memberikan kesempatan kepada peserta yang tidak hadir pada pemeriksaan kali ini dengan melakukan pemeriksaan di RS Bina Sehat pada hari Senin, 21 Januari 2013, agar semakin banyak peserta yang masih bisa mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kegiatan ini” pungkasnya. (fid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: