Datangi Sekolah, Satlantas Polres Jember Berikan Dikmas Keaelamatan Lalu Lintas

Untuk menekan angka kecelakaan dalam berkendara, khususnya di kalangan pelajar, Kamis (16/3/2017) Satlantas Polres Jember melakukan giat Dikmas (Pendidikan Masyarakat) di sekolah-sekolah. Terlebih angka kecelakaan di Jember selama ini didominasi oleh pengendara usia pelajar.

Kasatlantas Polres Jember AKP. Nopta Histaris Suzan SIK melalui anggotanya Aiptu Wawan Aprilia saat memberikan pendidikan tertib berlalu lintas di SMA Muhammadiyah Jember yang ada di Jl. Mastrip Besar dan lembaga pendidikan SMA St. Paulus di Jl. Trunojoyo Jember.

“Angka kecelakaan lalu lintas di Jember cukup tinggi, tiap bulan rata-rata 30 sampai 35 kejadian laka di jalan raya, ada yang sampai meninggal dunia, luka berat maupun luka ringan, dari beberapa kasus ini, pengendara usia pelajar sangat mendominasi, makanya kami memberikan pemahaman dan dikmas di kalangan pelajar,” ujar Wawan.

Kegiatan Dikmas ini mendapat respon positif dan antusias dari para pelajar maupun pendidik, hal ini terlihat saat petugas dari Satlantas menggelar audiens dengan pelajar di SMA St. Paulus, seperti Avian (17) siswa kelas XII, meski kondisi fisiknya harus ditopang dengan kursi roda, pelajar ini tampak semangat mengikuti kegiatan Dikmas yang dilakukan oleh Satlantas Polres Jember.

“Kami sangat mengapresiasi terhadap semangat siswa dalam kegiatan dikmas ini, kedepan, dan kami akan terus melakukan sosialisasi tentang tertib lalu lintas di kalangan pelajar dengan mendatangi setiap sekolah yang ada di Jember,” ujar Wawan.

Wawan menambahkan bahwa Satlantas perlu memberikan sosialisasi dan himbauan kepada siswa dan guru tentang budaya Kamseltiblancar (Keamanan, Keselamatan, Ketertiban, dan kelancaran lalu lintas) yang aman dan nyaman di Jember, apalagi dampak dari kecelakaan ini tidak hanya menimbulkan korban meteriil, tapi juga nyawa yang melayang sia-sia di jalan raya.

“Kami akan terus melakukan sosialisasi, apalagi selama satu bulan ini kami menggelar Operasi Simpatik dan saat ini sudah memasuki hari ke 16,” pungkas Wawan. (aisy)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: