Deklarasi Bebas Narkoba di Momen Kebangkitan Nasional 2014

JEMBER (titik0km.com) – Bahaya narkoba dan peredaran memang semakin memprihatinkan, tak kurang Wakil Bupati Jember Kusen Andalas yang memimpin upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2014 dan sekaligus jadi momentum untuk Deklarasi Jember Bebas Narkoba, di alun-alun Jember, Selasa (20/5).

Dalam upacara itu, inspektur upacara membacakan sambutan tertulis Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Republik Indonesia. Peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2014 bertema, Maknai kebangkitan nasional melalui kerja nyata dalam suasana keharmonisan dan kemajemukan bangsa.

Dalam sambutan tertulis itu, Menkominfo menekankan pentingnya menjaga  semangat dan nilai-nilai kebangsaan yang telah dirintis oleh para pendahulu. Hal ini dimaksudkan agar bangsa Indonesia mampu menjadi bangsa yang berdaulat, menjadi bangsa yang memiliki identitas dan jati diri ditengah-tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Menurutnya, tema yang diangkat pada peringatan hari Kebangkitan nasional kali ini memiliki tiga makna yang sekaligus menjadi instrumen ukuran sejauh mana nilai-nilai nasionalisme terimplementasi dalam karsa, cipta dan karya kekinian secara nyata. Makna nasionalisme kekinian bukan lagi kamuflase kerinduan romantisme perjuangan masa lalu. Tetapi bagaimana kita mengimplementasikan romantisme perjuangan tersebut kedalam pola pikir, pola sikap dan perilaku kebangsaan selaras dengan tuntutan zaman.

Membangun Indonesia baru di masa depan adalah antitesis dari kepentingan kelompok dan individu, antitesis berpikir kedaerahan, antitesis dari cara berperilaku kepartaian atau golongan. Nasionalisme yang diperlukan adalah nasionalisme yang berkontribusi bagi kedaulatan dan harga diri bangsa.

Dalam pidato tertulis itu, juga diingatkan kembali pentingnya mempertahankan nasionalisme yang berdasar pada pluralisme bangsa Indonesia. Generasi Muda diharapkan mampu mengusung semangat Pemuda tahun 1908 dan 1928, dengan menjadikan perbedaan dan kemajemukan bangsa menjadi sebuah kekuatan bangsa.

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Jember, Kusen Andalas juga membacakan deklarasi Jember Bebas Narkoba. Deklarasi Jember Bebas Narkoba ini berawal dari munculnya keprihatinan atas semaraknya peredaran dan penyalahgunaan Narkoba di Jember. Bahkan peredaran dan penyalahgunaan Narkoba ditengarai telah memasuki kalangan pelajar.

Deklarasi Jember Bebas Narkoba ini merupakan gerakan bersama seluruh pemangku kepentingan baik, Pemerintah, Kepolisian, P4GN, dan Masyarakat, untuk ikut serta memberantas peredaran Narkoba di Jember. Diharapkan dengan adanya deklarasi Jember bebas Narkoba ini bisa menjadi motivasi bagi semua pemangku kepentingan untuk bisa bekerja bahu membahu menekan peredaran gelap narkoba di Jember. (asd)

Jember Deklarasikan Bebas Narkoba pada Momen Kebangkitan Nasional 2014 di upacara Harkitnas di alun alun Jember

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: