Desember, BKSDA Buka Lagi Pendakian

JEMBER (titik0km.com) – Ini kabar baik bagi para pendaki  di suaka margasatwa dataran tinggi. Pasalnya, Kementerian Kehutanan Direktorat Jenderal Perlindungan Hutan Dan Konservasi Alam Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSD) Jawa Timur telah membuka lagi pendakian. Hal tersebut ditegaskan dalam surat edaran Nomor 535/BBKSDA.Jat-5/2012 yang dikirim ke beberapa media.

Dalam surat edaran yang ditandatangani Ir Sunandar Trigunajasa N atas nama Kepala Balai Besar KSDA Kepala Bidang KSDA Wilayah III dijelaskan, berdasarkan surat dari kepala seksi konservasi wilayah V Nomor: S.350/BBKSDA,JAT-5.5/2012 tertanggal 29 November 2012, kondisi cuaca di Suaka Margasatwa (SM) dataran tinggi sudah kembali membaik. Maka dari itulah,  kawasan Suaka Margasatwa dataran tinggi dibuka kembali untuk kegiatan pendakian, pendidikan, dan penelitian.

Meski begitu, diharapkan para pendaki tetap waspada. Ini mengingat kondisi topografi dan jalur pendakian yang ada di Suaka Margasatwa dataran tinggi yang memiliki struktur tanah yang rawan longsor.

Selain itu, banyak pohon yang sudah tua berisiko tumbang. Selain itu, berdasarkan peraturan Dirjen PHKA Nomor P.7/IV-SET/2011 tentang Tata Cara Masuk kawasan Suaka Alam Kawasan Pelestarian Alam dan Taman Buru, kegiatan pendakian wajib dilengkapi dengan SIMAKSI (Surat Ijin Masuk kawasan Konservasi). (tnt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: