Titik 0 km | Dari Sini Semua Berawal
Anda di sini: Home » Bisnis » Dianggap Lebih Independent, Bupati Gandeng Mahasiswa Lakukan Verival Penerima Rastra

Dianggap Lebih Independent, Bupati Gandeng Mahasiswa Lakukan Verival Penerima Rastra

Dianggap Lebih Independent, Bupati Gandeng Mahasiswa Lakukan Verival Penerima Rastra

Titik0km.com (Jember) – Untuk melakukan verifikasi dan validasi (verival) penerima beras sejahtera (rastra) program Kementerian Sosial RI agar tepat sasaran, Pemkab Jember mengundang ribuan mahasiswa di Aula Pemkab Jember Sabtu (25/8/2018) untuk menerima bimbingan teknis dalam melakukan verival penerima rastra yang ada di Kabupaten Jember.

“Pemutakhiran data penerima rastra yang dilakukan pemkab Jember adalah akhir 2015, tentu saat ini ada beberapa perubahan data yang harus segera dilakukan, dan hari ini kami melibatkan mahasiswa khususnya penerima beasiswa untuk membantu pemerintah melakukan verifikasi dan validasi penerima rastra,” ujar Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR.

Faida menjelaskan, dengan melibatkan mahasiswa dalam melakukan verival, dikarenakan mahasiswa tidak banyak memiliki kepentingan, sehingga diharapkan data yang di verival oleh mahasiswa benar-benar sesuai dan tepat sasaran.

“Saya yakin dengan melibatkan mahasiswa dalam melakukan verifikasi data bisa lebih akurat, disamping itu, tugas ini juga sebagai bentuk untuk mewujudkan generasi yang peduli kesejahteraan masyarakat miskin, mereka anak-anak muda yang memiliki idealisme yang perlu diasah kepeduliannya,” tambah Faida.

Untuk penyemangat mahasiswa dalam melakukan verifikasi dan validasi terhadap masyarakat penerima rastra, Bupati memberikan fasilitas honor dan transportasi, tidak hanya itu, untuk mahasiswa yang tidak memiliki kendaraan, pemkab juga menyediakan pinjaman kendaraan.

“Karena masyarakat yang didatangi tidak hanya di kota dan desa, tapi juga ke pelosok, bahkan mungkin juga di pegunungan, pemkab juga memfasilitasi honor dan transportasi, juga bagi mahasiswa yang tidak memiliki sepeda, bisa mengajukan peminjaman sepeda ke pemkab, tentu peminjaman sepeda ini dikhususkan bagi mereka yang benar-benar membutuhkan,” tambah Bupati.

Rosidatul Hasanah mahasiswa IAIN Jember penerima beasiswa yang ikut pada bimtek dan penyuluhan di Aula PB Sudirman Pemkab Jember menyatakan terima kasih kepada bupati yang telah memberi beasiswa dan tugas tambahan, sebab menurutnya tugas ini bagian pengabdian kepada negara, terlebih Pemkab Jember juga ada tanggung jawabnya dengan memberikan fasilitas untuk melakukan verifikasi penerima rastra.

“Awalnya kami sempat bingung diberi tugas dari pemkab, apalagi saya mendapat tugas melakukan verifikasi dan validasi di Desa Gelang Sumberbaru yang ada di pelosok dan pegunungan, namun ternyata pemkab juga bertanggung jawab dan menjamin fasilitas kepada kami dalam melakukan verifikasi ini, ya senang juga akhirnya,” ujar Mahasiswa jurusan Dakwah.

Verifikasi dan validasi terhadap masyarakat penerima rastra ini dibutuhkan untuk mempersiapkan program bantuan pangan non tunai yang akan dilaksanakan pada tahun ini, dan batas akhir tugas dari mahasiswa ini sampai 3 September 2018. (*)

Bagikan :

Leave a Comment

Scroll to top