Diklat APN Angkatan II Dimulai

Jember, (titik0km.com) – Untuk meningkatkan wawasan dan kompetensi bidan, agar bisa memberikan layanan kesehatan untuk ibu dan anak, serta pemeliharaan kesehatan ibu hamil dan persalinan sehat, Rabu (13/11/2019) puluhan bidan di Jember mengikuti diklat peningkatan kompetensi Asuhan Persalinan Normal (APN) di Gedung Balai Diklat BKPSDM Kaliwates Jember.

“Salah satu bagian dari pelayanan kesehatan ibu dan anak adalah pelayanan dan pemeliharaan kesehatan ibu hamil dan persalinan yang sehat, ini yang harus dijaga dan dilakukan oleh Bidan, dan diklat kompetensi ini merupakan diklat angkatan II,” ujar Drs. Suprapto, MM. saat membuka Diklat Asuhan Persalinan Normal (APN) Angkatan II di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Jember.

Suprapto menambahkan, selama diklat, para bidan akan memperoleh tambahan wawasan, pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan asuhan persalinan normal, dengan harapan kualitas serta kompetensi bidan dapat semakin meningkat dan akan terbentuk tenaga pelayan asuhan persalinan normal yang profesional.

Dalam kesempatan yang sama, Kabid Kompetensi Fungsional dan Sosial Kultural BKPSDM Provinsi Jawa Timur Drs. Didiek Dwiyanto, MM. mengatakan, bidan diharuskan memberikan pelayanan kebidanan yang kontinyu.

“Area pelayanan seorang bidan adalah pada kehamilan dan persalinan normal. Bidan sangat berperan dalam persalinan dan kelahiran normal,” terang Didik.

Sementara itu, Kepala BKPSDM Kabupaten Jember Yuliana Hari Murti, SE., MSi. menjelaskan jumlah peserta diklat adalah 20 orang bidan ASN.

Metode pembelajaran yang digunakan yakni metode interaktif. “Peserta dikenalkan konsep, diberikan contoh aplikasinya, berlatih menggunakan konsep, mendiskusikan proses dan hasil latihan,” pungkasnya. (*)

Bagikan :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *