Dinas Pendidikan Jember Berencana Perluas Pameran Origami

JEMBER (titik0km.com) – Sambutan masyarakat dan dunia pendidikan terhadap pameran origami bertajuk Origami HAN 2014` yang digelar di GOR PKPSO Kaliwates selama dua hari ini, ternyata sungguh luar biasa. Ini terlihat dari banyaknya pengunjung yang memadati area pameran mulai siang hingga malam hari. Untuk itulah, Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Jember berencana memperluas keikutsertaan pameran origami agar lebih besar lagiuntuk tahun depan. Salah satunya selain melibatkan Jember Origami Community (JOC), juga melibatkan lembaga pendidikan di bawah naungan Dispendik Jember.

“Animo masyarakat dan kalangan pendidikan sungguh luar biasa. Pameran origami yang baru kali pertama dilaksanakan saja, sudah ribuan pengunjung yang datang. Rencananya, pameran origami ini kita perbesar lagi tahun depan,” ujar Bambang Hariono, Kadispendik Jember. Dijelaskan, pameran origami nantinya bisa dikolaborasi dengan edu expo serta berbagai kegiatan lainnya. “Jadi kegiatannya bisa terintegrasi dan bisa mencakup banyak kegiatan,” paparnya.

Harapannya, kata Bambang, dunia pendidikan mempunyai icon tersendiri yang bisa memajukan kualitas dan kreativitas lembaga pendidikan. Termasuk mewujudkan gagasan Bupati Jember M.Z.A Djalal yang berharap ada kampung origami di Jember. Terkait tutor origami, lanjut Bambang, tidak perlu jauh-jauh mendatangkan dari luar daerah. “Jember sudah memiliki Jember Origami Community (JOC) yang anggotanya mampu memberikan bimbingan kepada siapa saja yang hendak belajar origami,” ujarnya.

Hasil karya origami dari anggota JOC yang diketuai Sri Wahyuni Djalal, istri Bupati Jember M.Z.A Djalal juga sudah teruji. Hasil karyanya tidak kalah dengan karya para pakar origami lainnya. Ini bisa dilihat dari hasil karya lipatan kertas origami yang dipajang selama pameran origami. “Ada ribuan lipatan kertas bagus-bagus yang dipajang yang mengambil 11 tema origami. Padahal ini pameran origami pertama dilaksanakan,” paparnya.

Sementara itu, selama dua hari pameran origami, terlihat Bupati Djalal bersama Sri Wahyuni Djalal, sangat intens datang ke lokasi pameran. Tidak hanya sekadar melihat, tetapi turun langsung mengajarkan cara melipat kertas origami kepada anak-anak, guru, serta masyarakat yang ingin belajar. Bahkan, jajaran forpimda dan SKPD juga sempat diajari cara melipat kertas origami. Sontak, kesempatan tersebut dimanfaatkan masyarakat untuk belajar langsung cara melipat kertas origami dari ketua tim penggerak PKK Kabupaten Jember dan anggota JOC lainnya. Terasa tidak ada sekat antara Bu Djalal dengan masyarakat luas. Semua membaur dan bersama-sama belajar melipat kertas origami. Begitu juga dengan Lucky Yuliastuti, istri Sekkab Jember Sugiarto, tampak membaur dan mengajari cara melipat kertas origami kepada anak-anak. Tidak pelak, suasana pameran origami yang diselenggarakan Dispendik Jember, JOC, IGTKI dibantu tim Creative Top Leader (CTL) ini berlangsung sangat meriah. Sementara itu, para pemenang lomba melipat kertas origami, kemarin sudah diumumkan. Mulai lomba origami tingkat anak hingga guru. Pemberian hadiah dilaksanakan sore kemarin, sekaligus bersamaan dengan acara penutupan pameran origami. (asd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: