Dinkes Jember Siapkan 8 Pos Kesehatan di Lokasi Bencana

YumarlisJEMBER (titik0km.com) – Mengantisipasi masalah kesehatan masyarakat pasca bencana banjir di beberapa tempat di Jember, pihak dinas kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jember mendirikan 8 pos kesehatan di daerah rawan bencana. Diantaranya ditempatkan di Kecamatan Silo, Mayang, serta beberapa daerah lainnya.

Menurut Yumarlis, Kasi Pelayanan Informasi Dinkes Jember, Posko tersebut disiapkan sebagai upaya mengantisipasi penyebaran penyakit pasca banjir yang terjadi di beberapa tempat. Dijelaskan, posko dibuat untuk menampung warga yang tinggal di daerah rawan bencana. Terutama daerah-daerah yang mengalami bencana banjir.

Dikatakan, jika sewaktu-waktu warga mengalami gangguan kesehatan pasca banjir, pihak dinas kesehatan sudah siap melayani masyarakat. Selama ini, lanjut dia, banyak korban banjir yang mengalami penyakit diare, ispa, dan gatal-gatal.

“Kondisi ini jika dibiarkan akan berpengaruh terhadap kesehatan masyarakat,” paparnya. Untuk itu, pihak dinas kesehatan bekerja sama dengan beberapa pihak terkait, seperti dinas sosial dan badan penanggulangan bencana daerah, membuat posko kesehatan bagi masyarakat.

Untuk mengantisipasi penyakit pasca banjir seperti gatal-gatal, diare, dan ispa, pihak dinas kesehatan menggandeng beberapa pihak terkait. Meliputi dinas sosial, badan penanggulangan bencana, serta bakesbangpol linmas Kabupaten Jember untuk membuat posko kesehatan di daerah rawan bencana.

“Tahun ini, kita membuat 8 posko kesehatan yang ditempatkan di beberapa daerah rawan bencana serta daerah yang mengalami bencana banjir  di kabupaten Jember,” tegasnya. Ini untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat kita berkoordinasi dengan puskesmas setempat. (ofa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: