Direktur KITLV Jakarta Kunjungi Peninggalan Belanda Di Jember

kitvl JakartaJEMBER (titik0km.com) – Dr. Roger Tol, Direktur Koninklijk Instituut voor Taal-, Land- en Volkenkunde (KITLV) Jakarta, rencananya akan mengunjungi beberapa lokasi peninggalan Belanda di Jember. Kunjungan ini dijadwalkan dilaksanakan pada hari Senin, 8 April 2013 dengan tujuan antara lain Pabrik Gula Semboro dan perkebunan Kebun Renteng. Selain mengunjungi peninggalan Belanda di Jember, Dr. Roger Tol akan memberikan kuliah umum di Jurusan Sejarah Fakultas Sastra Universitas Jember.

Kepastian kedatangan Dr. Roger Tol ini disampaikan oleh Dra. Latifatul Izzah, M.Hum., Ketua Jurusan Sejarah Fakultas Sastra Universitas Jember. “Setelah mengunjungi beberapa peninggalan Belanda di Jember, keesokan harinya tanggal 9 April Dr. Roger Tol akan memberikan public speech dengan tema pemanfaatan koleksi KITLV untuk penelitian sejarah Indonesia,” jelasnya.

KITLV adalah lembaga yang didirikan oleh Kerajaan Belanda yang mengkaji mengenai bahasa, negara dan antropologi. KITLV sendiri dikenal sebagai lembaga yang fokus pada penelitian ilmu antropologi, ilmu bahasa, ilmu sosial, dan ilmu sejarah wilayah Asia Tenggara, Oseania dan Karibia terutama yang wilayah yang dahulunya menjadi jajahana Belanda. Lembaga yang berpusat di Universitas Leiden ini berdiri sejak tahun 1851.

Sementara itu, untuk kegiatan public speech akan dilaksanakan di aula Fakultas Sastra mulai jam 08.00 WIB dan rencananya akan dibuka secara resmi oleh Pembantu Rektor I Universitas Jember, Drs. Zulfikar, PhD. Selain diisi dengan kuliah umum, para peserta juga diberi kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan para peneliti KITLV di Leiden, Belanda. Rangkaian kegiatan ini menandai kerjasama antara Jurusan Sejarah Fakultas Sastra Universitas Jember dengan KITLV. (ias)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: