Diremehkan Malah Jadi Juara di ITS Futsal Championship 2013

Futsal Putri Universitas Jember Diremehkan Malah Jadi Juara di ITS Futsal Championship 2013 JEMBER (titik0km.com) – Berangkat tanpa target dan diremehkan oleh kompetitor ternyata malah membuat Tim Futsal Putri Universitas Jember terpacu untuk menampilkan yang terbaik. Dan hasilnya, gelar juara satu “ITS Futsal Championships 2013” dibawa pulang ke Kampus Tegalboto. “Kami dipandang sebelah mata oleh tim lain, bahkan setiap bertanding diteriakin looser oleh pendukung musuh. Bagaimana tidak, ini kali pertama kali kami ikut kejuaraan, bertaraf nasional pula,” ujar Iklimah Nurmasala, kapten Tim Futsal Putri Universitas Jember memulai kisah perjuangan tim yang dipimpinnya. Untuk diketahui Tim Futsal Putri Universitas Jember baru berdiri Desember tahun lalu di bawah UKM Futsal.

Iklimah dan kawan-kawan memang memulai keikutsertaan di kejuaraan futsal yang dilaksanakan di Kampus Institut Teknologi Surabaya (ITS) tanggal 13-18 Mei 2013 lalu dengan susah payah. Diantara delapan peserta dari PTN dan PTS di Indonesia mereka tergabung di grup Z bersama IKIP Wates Yogyakarta, Universitas Atmajaya Yogyakarta dan tim unggulan Universitas Negeri Surabaya (Unesa). “Di pertandingan pertama kami langsung dibantai IKIP Wates Yogyakarta 7 gol tanpa balas, sementara di pertandingan kedua kami kalah telak 3-0 melawan Tim Futsal Unesa. Baru di pertandingan ketiga kami bangkit mengkandaskan Tim Futsal Universitas Atmajaya Yogyakarta dengan skor 4-1,” jelas Rizalatul Umami, sang midfielder.

Sebenarnya dengan hasil selama bertanding di grup Z, arek-arek Kampus Tegalboto mestinya harus berkemas untuk pulang ke Jember, namun panitia pertandingan menemukan fakta salah seorang pemain IKIP Wates Yogyakarta adalah pemain ilegal, pemain bayaran yang bukan mahasiswi di IKIP Wates. “Akhirnya mereka didiskualifikasi oleh panitia dan kamilah yang maju ke babak semifinal dengan status runner up Grup Z, kesempatan ini membuat kami bertekad bermain lebih baik lagi” kata Dyah Ayu yang berposisi sebagai kiper. Tim Futsal Universitas Jember maju ke semifinal berhadapan dengan tim unggulan lainnya,Tim Futsal Universitas Negeri Semarang (Unnes) yang memuncaki Grup X.

Memang, tim yang berasal dari perguruan tinggi yang mencetak calon guru menjadi unggulan, pasalnya mereka memiliki jurusan Ilmu Kepelatihan dan Keolahragaan serta banyak mahasiswanya yang memang atlet. Tak pelak, pertandingan semifinal antara Tim Futsal Putri Universitas Jember berlangsung ketat. Kejar mengejar skor terjadi, di awal pertandingan Iklimah dkk kebobolan terlebih dahulu, namun dengan berbekal semangat  juang  yang  tinggi mereka mampu mengimbangi permainan lawan, sampai saat wasit menuip peluit akhir kedudukan sama kuat 4-4. Masa perpanjangan waktu pun dilaksanakan, hasilnya ternyata masing-masing tim menambah satu gol hingga kedudukan berubah 5-5. Pertandingan pun diputuskan dengan adu penalti.

Dalam fase adu penalti inilah kiper Tim Futsal Putri Universitas Jember, Dyah Ayu menunjukkan kemampuan terbaiknya. Tiga tendangan pemain Unnes Semarang berhasil ditepisnya sehingga membawa Tim Futsal Universitas Jember memenangi adu penalti dengan skor 8-6. “Kami tidak khawatir saat adu penalti berlangsung sebab kami yakin dengan kemampuan Dyah Ayu ini, dia jarang kebobolan saat tendangan penalti,” kata Riza sambil tertawa mengenang saat-saat tegang adu penalti. Namun perjuangan mereka belum berakhir karena tim unggulan lain, yakni Tim Futsal Unesa sudah menunggu di babak final.

Di babak final perjuangan Tim Futsal Putri Universitas Jember makin terjal, pasalnya selain menghadapi lawan berat, mereka juga harus melawan tekanan para supporter Unesa yang menyesaki lapangan futsal ITS. Tim futsal Putri Universitas Jember yang dilatih oleh Anang Faizal Riza memainkan skema 1-2-1 dengan komposisi pemain Dyah Ayu (Hubungan Internasional, FISIP) sebagai kiper dengan back adalah Tyara Rizqi (Teknik Elektro, Fakultas Teknik). Di tengah, sang kapten Iklimah (Agribisnis, Faperta) berduet dengan Dwi Firma (Fakultas Hukum),  sementara Winda Artha (Hubungan Internasional, FISIP) menjadi ujung tombak. Selain berfungsi sebagai play maker, Iklimah memainkan posisi sebagai second striker.

“Alhamdulillah kami menang dengan skor 3-1, Winda bikin dua gol dan saya sendiri satu gol. Kami berhasil membuktikan bahwa kami bukan tim yang bisa dipandang remeh,” tegas Iklimah yang mahasiswi Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian ini. Sebenarnya Iklimah mencetak tujuh gol, sama dengan prestasi pemain Unnes Semarang. Namun gara-gara Iklimah pernah menerima kartu kuning, maka gelar el pichichi alias pencetak gol terbanyak diserahkan kepada pemain Unnes Semarang.

Futsal Putri Universitas Jember Diremehkan Malah Jadi Juara di ITS Futsal Championship 2013Keberhasilan Tim Futsal Putri Universitas Jember ternyata membawa dampak positif, kini makin banyak mahasiswi Kampus Tegalboto yang tertarik bergabung di UKM Futsal. “Saat ini ada 22 pemain yang aktif berlatih bersama seminggu dua kali. Bulan September nanti kami rencanakan mengadakan seleksi pemain baru untuk memperkuat tim. Apalagi gara-gara kemenangan di ITS kami mendapatkan undangan untuk mengikuti event sejenis,” kata Riza yang didapuk menjadi sekertaris di UKM Futsal. Akhir yang bahagia dari diremehkan malah jadi juara di ITS Futsal Championship 2013. Keep spirit, keep fair play. (ias)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: