Dirjen Kebudayaan Kemdikbud Buka Sarasehan Dan Pameran Tosan Aji

keris_dapur_nogo_sosro @fridaygo blogspotJEMBER (titik0km.com) – Dalam rangka memperingati Hari Lahirnya Pancasila, Universitas Jember menggelar kegiatan Peringatan Bulan Bung Karno-Bulan selama bulan Juni 2013 ini. Salah satu kegiatan adalah sarasehan bertema Perlindungan Benda Budaya Sebagai Upaya Melestarikan Nilai-Nilai Pancasila dan pameran Tosan Aji di Gedung Soetardjo mulai tanggal 13 sampai dengan 15 Juni 2013. Rencananya Direktur Jenderal Kebudayaan Kemedikbud RI, Prof. Dr. Kacung Marijan akan menjadi narasumber sarasehan dan sekaligus akan membuka pameran (13/6).

Menurut Kepala Bagian Humas dan Protokol Universitas Jember, Rokhani, SP., M.Si sarasehan dan pameran tosan aji bertujuan untuk memberikan informasi perkembangan budaya tosan aji pada masyarakat serta menepis pandangan miring mengenainya. “Selain itu memberikan pemahaman kepada masyarakat awam sekaligus mendorong pelestarian dan pengembangan tosan aji,” jelas Rokhani, SP., MSi.

Dalam pameran tosan aji nanti, ada tujuh perkumpulan pecinta tosan aji yang akan memamerkan koleksinya. Mereka adalah Tundung Aji Madiun, Ajisaka Malang, Aura Pusaka dan Panji Patrem Trenggalek, Panji Blitar, Aji Wengker Ponorogo, Paksi Solo dan tuan rumah Pataji Nuso Barong Jember. Sementara itu dalam sarasehan selain dihadiri oleh Prof. Dr. Kacung Marijan, pembicara lain yang hadir adalah R. Prasena dari perkumpulan Tosan Aji Pataji Nuso Barong, Jember. (ias)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: