Dispendukcapil Jember Geber 5000 Akte Gratis

JEMBER (titik0km.com)Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kab. Jember kembali mengadakan program Tuntasnya Kepemilikan Akte Kelahiran Untuk Keluarga Abang Becak di Kabupaten Jember. Acara yang digelar di alun-alun Kota Jember pada Senin (16/09) dihadiri 1.000 abang becak yang menghadiri kegiatan tersebut adalah sebagian dari 5.000 abang becak yang mengikuti program tersebut.

Dalam Sambutannya, Isman Sutomo, Kepala Dispenducapil Kab. Jember, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan multi event yang digelar di Jember sejak awal September yang lalu. “1.000 abang becak yang mengikuti program tuntasnya Kepemilikan Akte Kelahiran ini merupakan sebagian dari 5.000 abang becak yang mengikuti program ini. Juga selain program akte gratis ini akan diadakan isbat nikah yang bekerjasama dengan Departemen Agama Jember, dimana sudah terdata sebanyak 12.000 pasangan yang belum memiliki surat nikah,” papar Isman Sutomo.

Untuk proses pendataan akte kelahiran nantinya akan diberikan wewenang pendataan pada kecamatan-kecamatan dan kemudian akan ditindaklanjuti oleh Dispendukcapil Kab. Jember, Sri Wahyuniati dari Dispendukcapil Kab. Jember menjelaskan bahwa akte kelahiran memang diberikan secara gratis bagi anak yang lahir setelah 60 hari, “semuanya sepenuhnya gratis di Program Tuntasnya Kepemilikan Akte Kelahiran Untuk Keluarga Abang Becak Ini,” jelas Sri Wahyuniati.

Mengenai Isbat Nikah sendiri, Sri Wahyuniati menjelaskan bahwa, karena persyaratan utama dari akte kelahiran itu adalah surat nikah, Dispendukcapil Jember juga menggelar Isbat Nikah yang diharapkan akan selesai pada akhir tahun 2013 ini, “Mengenai pendataannya, kami bekerjasama dengan PA dan KUA untuk mendata pasangan yang belum memiliki surat nikah, jika tidak ada surat nikah maka si anak juga otomatis tidak akan bisa mendapatkan akte kelahiran,” ujar Sri Wahyuniati.

Sri Wahyuniati juga menjelaskan bahwa Isbat Nikah nanti akan diberikan pasangan yang sudah bertahun-tahun menikah secara siri dan memiliki anak, “Tapi Isbat Nikah tidak berlaku untuk pasangan kedua, mas, juga gak berlaku untuk istri simpanan lho,” sambung Sri Wahyuni disambut gelak awak media yang mewawancarai sekaligus menutup wawancara saat itu. (fid)

Dispendukcapil Jember Geber 5000 Akte Gratis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: