Dispendukcapil Jember Gelar Isbat Nikah

Isman Sutomo Kadispendukcapil JemberJEMBERDinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Pemkab Jember akan menggelar isbat nikah. Ini menyusul permintaan masyarakat dan banyaknya pasangan yang melakukan nikah siri di wilayah Kabupaten Jember.

”Catatan kami di Dispendukcapil, ada sekitar 1.700 pasangan yang melakukan nikah siri,” ujar Isman Sutomo, Kadispendukcapil Jember, kemarin. Maka dari itulah, Dispendukcapil tahun ini akan meluncurkan program isbat nikah massal. “Langkah awal kita sudah lakukan sosialisasi isbat nikah,” paparnya.

Sementara itu, Sri Wahyuniati Sh MSi, Kepala Bidang Pencatatan Sipil Dispendukcapil Jember menjelaskan, sosialisasi terkait isbat nikah yang dilakukan Dispendukcapil melibantkan seluruh kepala desa/lurah, pihak kecamatan, KUA, hingga tingkatan RT dan RW.

“Ini program Dispendukcapil agar masyarakat menyadari akan pentingnya sistem administrasi kependudukan,” paparnya. Ditambahkan, pelaksanaan isbat nikah semuanya gratis tanpa dipungut biaya apapun. Pihak Dispendukcapil juga akan membantu pengurusan KTP, akta kelahiran, dan pengurusan Kartu Keluarga. Semuanya, kata dia, tanpa dipungut biaya apapun. (tok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: