Festival Egrang IV Komunitas Tanoker Ledokombo

 Suasana Peluncuran Festival Egrang Tanoker Ledokombo ditandai naik egrang bersama Finalis Gus Ning 2013 yang berkunjung di Komunitas Tanoker Jember 160613JEMBER (titik0km.com) – Setelah berhasil menggelar Festival Egrang ke III, rencananya pada bulan Agustus 2013 nanti, Komunitas Tanoker yang dipandegani oleh Suporahardjo dan Farha Ciciek bersama anak-anak Ledokombo Jember akan menggelar Festival Egrang IV dan resmi dibuka pada hari minggu (16/06) kemarin oleh Komunitas Tanoker di Ledokombo di taman bermain Komunitas Tanoker yang asri itu.

Festival Egrang yang memperebutkan piala bergilir Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Meneg PP dan PA) RI ini akan digelar pada tanggal 24 Agustus 2013. Menurut Ciciek Farha melalui Festival Egrang ke IV yang akan digelar ini merupakan upaya untuk mengembangkan serta memberikan alternatif permainan anak dan dewasa melalui permainan egrang itu sendiri.

“Egrang adalah permainan multikultur yang bisa memberikan nilai-nilai kepada anak-anak, selain bisa digunakan sebagai pembentukan karakter anak-anak yang memainkan, juga egrang ini juga menumbuhkan kerjasama tim diantara pemain jika dimainkan bersama,” papar Farha Ciciek.

Tanoker secara resmi membuka Festival Egrang 2013 yang akan diadakan di Ledokombo pada tanggal 24 Agustus 2013 - Suporahardjo saat mengumumkan Festival Egrang Tanoker Ledokombo 160613

“Untuk Festival Egrang IV ini rencananya akan digelar di Ledokombo dan dihadiri oleh juri internasional dari Australia, Senegal, Belanda, Madagascar dan Indonesia sendiri,” ujar Suporahardjo yang meraih gelar Doktoral dari FISIP UI ini.

Pada saat peluncuran Festival Egrang IV di Komunitas Bermain Tanoker Ledokombo, yang juga dihadiri oleh Finalis Gus Ning Jember 2013 beserta Paguyuban Gus Ning Jember ini terasa meriah, pasalnya Suporahardjo memberikan sepatah kata pada pembukaan Festival Egrang IV semua yang hadir berdiri diatas egrang.

Untuk agenda menuju Festival Egrang ke IV ini telah dimulai dengan acara permainan menggambar egrang pada hari Sabtu (15/06), peluncuran Festival Egrang IV yang dilaksanakan hari Minggu (16/06) kemudian berturut-turut Lomba Pembuatan Egrang dan pembuatan Souvenir Egrang dilaksanakan pada 17 Agustus 2013.

Sedangkan untuk Lomba Fotografi Festival Egrang dan Puncak Festival Egrang Lomba Gerak Jalan Egrang Beregu akan dilaksanakan pada 24 Agustus 2013. Festival Egrang Ke IV ini meperebutkan Piala bergilir Meneg PP PA RI yang pada Festival Egrang ke III kemarin direbut oleh SMPN 1 Ledokombo Jember.

Suasana Peluncuran Festival Egrang Tanoker Ledokombo ditandai naik egrang bersama Finalis Gus Ning 2013 dan Paguyuban Gus Ning Jember yang berkunjung di Komunitas Tanoker Jember 160613

Permainan tradisional yang dilestarikan Komunitas Tanoker ini memang akan tetap menarik sampai kapanpun. Selain ramah lingkungan, menumbuhkan ikatan sosial dan penuh dengan kerja sama tim melalui berbagai jenis permainan tradisional menjadi alternatif permainan sehat bagi anak-anak tidak hanya di Ledokombo, tetapi untuk semua anak Indonesia. (ias)

Festival Egrang Tanoker Ledokombo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: