FH Universitas Jember Siapkan Summer School

Dekan FH Unej JEMBER (titik0km.com) – Fakultas Hukum (FH) Universitas Jember bekerjasama dengan German Southeast Asian Center of Excellence for Public Policy and Good Governance (CPG) dan Fakultas Hukum (FH) Thammasat University Thailand akan menggelar summer school di Kampus Tegalboto. Hal ini disampaikan langsung oleh Dekan FH Universitas Jember, Dr. Widodo Ekatjahjana, SH., M.Hum di sela-sela kesibukannya kemarin (6/5).

“Hasil kunjungan ke Bangkok kemarin menghasilkan keputusan summer school akan dilaksanakan di FH Universitas Jember pada awal bulan Juli nanti,” ujar Dr. Widodo Ekatjahjana, SH., M.Hum yang baru saja mengunjungi Thammasat University dan Dhurakij Pundit University, Bangkok tanggal 29 April sampai dengan 2 Mei lalu. Untuk diketahui, program summer school yang akan digelar adalah implementasi dari penandatanganan kerjasama antara FH Universitas Jember dengan CPG dan FH Thammasat University. Sebelumnya sudah dilaksanakan spring school di University of Passau Jerman dan winter school di Thammasat University Thailand.

Summer school di Kampus Tegalboto rencananya akan diadakan selama seminggu yang diisi dengan perkuliahan dengan berbagai tema. “Pengajar dari Jerman akan menyajikan mata kuliah antara lain Hukum Eropa, Hukum Ekonomi Internasional dan HAM. Sementara dari Thailand dengan Hukum Pidana dan Konstitusi Thailand, nah sementara dari FH Universitas Jember dan pengajar dari Indonesia akan memberikan materi Hukum Pidana, Hukum Islam dan Hukum Konstitusi Indonesia,” tambah Dekan FH yang juga pakar Hukum Tata Negara ini.

FH Unej Gelar Summer SchoolSelain diisi dengan kegiatan perkuliahan, summer school yang akan diikuti oleh dosen dan mahasiswa, juga akan diisi dengan kegiatan pertukaran budaya dan eco tourism. “Kami sudah mendapatkan kepastian ada 17 peserta dari Thailand yang akan ikut serta,” kata Dr. Widodo Ekatjahjana, SH., M.Hum yang saat di Bangkok juga menjadi pembicara dalam seminar internasional mengenai model pendidikan tinggi di bidang hukum.

Summer school bertujuan untuk meningkatkan kualitas dosen dan mahasiswa FH Universitas Jember sekaligus mempersiapkan lulusan FH Universitas Jember berkiprah dalam ASEAN Community. “Ajang summer school juga kami gunakan untuk merintis pertukaran tenaga pengajar dan mahasiswa  dengan perguruan tinggi di Jerman dan Thailand,” kata Dekan FH. Untuk diketahui, FH Universitas Jember saat ini mempersiapkan tiga orang dosen untuk magang di CPG bulan September nanti.

Fak. Hukum Siapkan Summer SchoolSebagai gong penutup kegiatan summer school, panitia akan menggelar seminar internasional dengan tema Judicial Review of International Treaty by The Constitutional Court Based on Indonesia, Germany and Thailand Experiences di Surabaya. Menurut Dekan FH Universitas Jember, di saat pemberlakuan ASEAN Community pada tahun 2015 nanti, maka bisa dipastikan akan banyak perjanjian internasional ditandatangani. Nantinya sebelum diberlakukan, perjanjian ini nantinya akan diratifikasi terlebih dahulu di tiap negara. “Nah, di sinilah titik krusialnya, bisa saja ada pihak yang mengajukan judicial review atas perjanjian tersebut yang tentunya akan memiliki implikasi hukum. Hal inilah yang ingin kita bahas dengan melihat pengalaman di Jerman, Indonesia dan Thailand,” katanya. (ias)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: