FORPINDO Gelar Inseminasi Buatan Massal Dan Pecahkan Rekor MURI

MURI-Arum-Sabil-03 TANGGUL (titik0km.com)Gebyar Peternakan dan Kesehatan Hewan Serta Panen Hasil Inseminasi Buatan berhasil memecahkan Rekor MURI untuk Kategori Inseminasi Buatan Terbanyak dalam 1 Hari. Peternak yang tergabung dalam FORPINDO berhasil memecahkan Rekor MURI dengan mengadakan Inseminasi Buatan Terbanyak di kediaman H. Arum Sabil di desa Pucuk’an, Tanggul, Jember pada Kamis (09/05) pagi ini.

Sebanyak 275 ekor sapi betina diberikan inseminasi buatan dan kemudian dicatat oleh Musium Rekor Dunia Indonesia, dan dilakukan secara bersamaan disaksikan oleh Menteri Pertanian, Ir. H. Suswono, MMA, Wakil Gubernur Jawa Timur Syaifullah Yusuf, Bupati Jember MZA Djalal, Ketua DPRD Kabupaten Jember Saptono Yusuf, Anang Hermansyah, Deputi Menko Perekonomian dan ribuan hadirin yang menghadiri acara Gebyar Peternakan dan Kesehatan Hewan Serta Panen Hasil Inseminasi Buatan tersebut. Penghargaan Rekor Muri di berikan kepada H. Arum Sabil selaku penggagas acara, dan sebagai pedukung acara diserahkan kepada Bupati Jember MZA Djalal dan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Jember yang diterima oleh Ir. Mahfud Afandi.

Sedianya Menko Perekonomian, Hatta Radjasa juga akan menghadiri acara tersebut, namun sejak Rabu kemarin karena kondisi yang kurang fit karena padatnya kegiatan yang harus dilakoni Hatta Radjasa, beliau batal berkunjung ke acara yang digelar oleh FORPINDO. Sedianya setelah menghadiri acara di kediaman H. Arum Sabil, Hatta Radjasa memberikan Kuliah Umum di Universitas Jember.

MURI-Arum-Sabil-11FORPINDO melalui sambutan Ketua Umum nya, H. Arum Sabil, menyatakan dengan gelar acaranya peternak ini akan memberikan semangat dan dukungan kepada peternak di Indonesia agar mensukseskan Swasembada Sapi 2014. “Jika peternak telah di berikan dukungan teknis, maka sepatutnya pemerintah juga memberikan perlindungan, perdagangan, pasar dan jaringan distribusi agar daging yang berasal dari peternak Indonesia lebih bersaing, kalau sapi dan produksi daging mencukupi kebutuhan daging nasional, sudah saatnya impor daging sapi dikurangi,” ujar H. Arum Sabil yang saat itu mengenakan setelan putih dan topi.

Sedangkan dalam sambutannya Bupati Jember, MZA Djalal, menyatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Jember selalu mendukung baik secara teknis maupun dalam bentuk bantuan kepada peternak melalui instansi yang terkait, terbukti dengan jumah populasi sapi potong di kabupaten Jember merupakan urutan ke 2 setelah Sumenep. Wakil Gubernur Syaifullah Yusuf, juga mengutarakan hal yang senada bahwa Jawa Timur masih merupakan lumbung sapi potong, susu untuk industri, telur dan daging ayam, dan harus dipertahankan serta ditingkatkan pada masa yang akan mendatang.

Menteri Pertanian Ir. H. Suswono, MMA, menegaskan hal yang sama bahwa pencanangan swasembada Sapi 2014 masih mengandalkan Jawa Timur sebagai lumbung sapi di Indonesia, terbukti dengan pemberangkatan sapi dari Jember untuk dikirim ke Jawa Barat dan DKI Jakarta. “Kementerian Pertanian bersama Dirjen Peternakan selalu berkoordinasi dengan Kementerian Perdagangan untuk urusan impor daging sapi, sampai saat ini masih belum dibicarakan masalah impor daging. Saat ini juga masa emas peternak karena harga sapi bagus sangat berbeda dengan 5 tahun yang lalu di mana harga mengalami fluktuasi sehingga banyak peternak yang merugi,” papar Suswono dalam sambutannya.

“Untuk perdagangan daging sapi sampai pada tingkat konsumen memang masih menjadi perhatian serius dari Kementerian Pertanian, karena jika terlalu mahal di konsumen petani di untungkan akan tetapi jika terlalu murah juga peternak akan dirugikan terutama jika di gelontor daging sapi impor. Ini yang menjadi pemikiran saya selaku Menteri Pertanian agar peternak dan konsumen sama sama tidak merugi,” ujarnya lagi.

Cak Diqin MZA Djalal Anang Hermansyah Gus Ipul hadir di acara H Arum SabilMenariknya, penyanyi Anang Hermasyah juga tampak menghadiri acara Gebyar Peternakan dan Kesehatan Hewan Serta Panen Hasil Inseminasi Buatan, suami Ashanti itu di daulat naik panggung untuk menyanyi. Kemudian ditemani Bupati Jember MZA Djalal dan Wakil Gubernur Jawa Timur Gus Ipul, Anang melantunkan lagu Bang Toyib milik Wali Band yang diringi oleh Campur Sari Cak Diqin dari Solo yang memang didatangkan khusus menghibur para undangan yang hadir di kediaman H. Arum Sabil tersebut. (ias)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: