Forum Jember Sehat Butuh Dukungan Regulasi Pemerintah Daerah

Lanjutan Forum Jember Sehat di Lembaga Penelitian Universitas JemberJEMBER (titik0km.com) – Keinginan untuk menciptakan lingkungan yang lebih sehat memang harus didukung seluruh lapisan masyarakat juga Pemerintah Daerah. Hal ini terungkap dalam Forum Jember Sehat yang diadakan di Lembaga Penelitian (Lemlit) Universitas Jember kemarin (20/06).

Menurut Prof. A. Subagio, PhD, Ketua Lemlit Universitas Jember, Forum jember Sehat ini memiliki dasar untuk pembentukannya melalui SK bersama Mendagri dan Menkes yang memungkinkan sebuah daerah membentuk pokja yang menjadi wadah masyarakat non birokrat atau komunitas. “Sifat pokja Forum Jember Sehat itu adalah yang pertama menyerap aspirasi masyarakat dan kemudian mendorong partisipasi masyarakat yang nantinya akan bisa memunculkan dan mengkreasikan program-program yang mendukung kegiatan pemerintah terutama terhadap masalah kesehatan di Kabupaten Jember,” papar Subagio

“Jadi pokja ini nanti mencoba berpikir secara out of the box untuk mendukung program program yang ada dari SKPD yang terkait di persoalan kesehatan, saya kira memang perlu diisi untuk kegiatan yang memang tideak pernah tersentuh oleh program SKPD dan pendanaanya pun juga bisa diambilkan dari anggaran pemerintah daerah,” lanjut Subagio.

Sedangkan dari Dinas Kesehatan Prop. Jatim, Daeng mengungkapkan dari total kabupaten/kota di Jawa Timur yang sudah terbentuk Forum Sehat sebanyak 28 kabupaten/kota, sedangkan Jember masih baru akan berjalan, “Memang untuk tahap sekarang yang paling dibutuhkan adalah regulasi dan SK dari Pemerintah Daerah untuk kelembagaan Forum Sehat seperti Forum Jember Sehat ini, yang terdiri dari kelembagaan forum itu sendiri dan tim pembina yang terdiri dari pemerintah daerah dan SKPD terkait,” ungkap Daeng.

Di tempat yang sama, Ana yang merupakan tim dari Bappeprop Jatim menyatakan bahwa masalah kesehatan sangat mempengaruhi Index Pembangunan Manusia (IPM), dan Jember menduduki posisi ke 8 dari bawah untuk IPM dari seluruh kabupaten/kota di Jawa Timur, lebih baik dari 7 kota lainnya seperti Sampang, Situbondo, Pamekasan menurut data tahun 2011. “Melalui Forum Kabupaten Sehat ini akan pokja akan bisa menyerap aspirasi dan kemudian menjembatani kebutuhan masyarakat akan bidang kesehatan dan bekerjasama dengan SKPD dan Pemerintah Daerah untuk bidang kesehatan, ini juga akan mendongkrak IPM kabupaten/kota karena pelayanan kesehatan menjadi lebih baik,” papar Ana.

Rencananya menurut Prof. A. Subagio, PhD, masih akan ada forum-forum lanjutan untuk membahas kelanjutan pembentukan Pokja Forum Jember Sehat ini. Semoga segera bisa terwujud Forum Jember Sehat untuk semua masyarakat Jember. (asd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: