FTP Fair 2013 Jadi Ajang Unjuk Kuliner Ala Mahasiswa

Mie Hitam Cumi FTP Fair 2013 Jadi Ajang Unjuk Kuliner Ala Mahasiswa JEMBER (titik0km) – Selama sehari kemarin (28/5) jalanan di depan Kampus Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Jember disulap menjadi pasar dadakan yang menyajikan berbagai makanan dan minuman. Uniknya, semua makanan dan minuman yang dijual adalah produk mahasiswa FTP yang diwadahi dalam kegiatan “FTP Fair 2013” yang dibuka secara resmi oleh Rektor, Drs. Moh. Hasan, MSc., PhD didampingi oleh Dekan FTP, Dr. Yuli Witono, MP. Selain menjadi ajang unjuk kebolehan kreatifitas para mahasiswa FTP, ajang kali ini juga menandai pencanangan Gerakan FTP Go Green And Go Clean.

Ada 68 kelompok yang turut berpartisipasi dalam “FTP Fair 2013”, jumlah yang melonjak tajam jika dibandingkan dengan peserta tahun lalu yang hanya diikuti oleh 16 kelompok. Menurut Achmad Nafik, STP,. MP, para mahasiswa yang ikut adalah mereka yang mengambil mata kuliah Pengembangan Produk dan Kewirausahaan. “Mata kuliah Pengembangan Produk memiliki SKS yang besar, antara 8 sampai 10 SKS. Tujuannya agar para mahasiswa tidak hanya tahu teori saja, tapi mereka wajib  mengaplikasikan idenya sekaligus harus mampu memasarkannya,” ujar dosen pengampu mata kuliah Pengembangan Produk ini.

Banyak produk menarik yang muncul dalam “FTP Fair 2013” ini, contohnya yang dilakukan oleh Arora Septian dan empat kawannya. Kelompok ini menyajikan kue pia yang berbahan dasar buah sukun, namanya Peekoen alias Pia Sukun. “Kami ingin mengangkat potensi pangan lokal yakni buah sukun, selain enak, buah sukun memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga sehat dan mengenyangkan. Lagipula kalau pas panen, harga buah sukun murah hanya berkisar lima ribu rupiah per 2 kilogram, nah dengan mengubahnya jadi kue kami berharap nilai tambahnya meningkat,” ujar Arora. Uniknya, Arora dan kawan-kawan mengemas pia sukun produksinya dengan klobot jagung hingga makin menarik.

Rektor-Meninjau-Stand-FTP-Fair-2013-Jadi-Ajang-Unjuk-Kuliner-Ala-MahasiswaLain lagi dengan ide Silvia Kustianah dan kawan-kawan, mereka mengusung produk Si Akang, singkatan dari Si Agar-Agar Kangkung. Idenya berawal dari kebosanan melihat kangkung hanya disayur begitu saja, tidak menarik apalagi untuk anak-anak, padahal kangkung bergizi lagi murah harganya. “Kami mencampur ekstrak kangkung dengan agar-agar tanpa rasa, setelah itu ditambah potongan strawberry sehingga kami harapkan mampu menarik penikmat, terutama anak-anak yang biasanya ogah makan sayur,” kata Silvia yang menjual satu cup Si Akang seharga seribu lima ratus rupiah saja.

Produk unik lainnya adalah Black Calamaro Noodle. Produk mie hitam ini berbahan dasar tepung terigu dan tinta hitam yangh dihasilkan oleh cumi-cumi. Mungkin tidak banyak yang tahu jika tinta hitam yang dihasilkan oleh cumi-cumi ternyata mengandung antioksidan yang merupakan zat penangkal radikal bebas. Mie hasil karya Ina Wahyudi dan lima kawannya ini terlihat eksotis dengan warna hitamnya, ditambah dengan cincangan daging cumi-cumi membuat makin nikmat saja. “Kami mencampur 2 kilogram tepung terigu dengan tinta cumi yang dihasilkan dari 2 kilogram cumi-cumi. Cuman kendalanya kalau cumi-cumi sedang tidak musim, kadang kami kesulitan mencarinya di pasar,” kata Ina.

Sementara itu Dr. Yuli Witono, MP dalam kesempatan yang sama menjelaskan jika ajang “FTP Fair 2013” dimanfaatkan pula sebagai sarana mendekatkan mahasiswa dengan alumnus dan stake holder. Pasalnya selain dihadiri oleh sivitas akademika FTP dan Universitas Jember, panitia kegiatan juga mendatangkan para juri yang merupakan alumnus FTP yang sudah bekerja di berbagai bidang. Para juri akan memberikan penilaian kepada produk yang ditampilkan dalam “FTP Fair 2013”. Sebut saja Ir. Edy Purwanto, Head Quality Control Bimoli Surabaya, Isma Hakim Rahmat yang jurnalis dan I Nyoman Aribowo dari komunitas JECO dan juri lainnya. “Kami ingin lulusan FTP dikenal karena mutu hard skill dan soft skill-nya yang mumpuni oleh stake holder, selain tentu saja mengobarkan semangat berwirausaha di kalanga
n mahasiswa,” ujar Dekan yang setiap tahunnya memberikan penghargaan bagi mahasiswa yang sukses berwirausaha ini.

Si Akang FTP Fair 2013 Jadi Ajang Unjuk Kuliner Ala MahasiswaMasih banyak produk unik nan kreatif yang selama dua hari disajikan oleh para mahasiswa FTP Universitas Jember. Selain ketiga yang disebutkan tadi, masih ada Smoothies Tape, Burger Mini Jahat (Jamur Sehat), Rainbow Jelly, Spaghetti Hijau Sambal Tumpang, Bathok (Bakpia Bothok), Sandwich Ndeso,Mabrur (Martabak Jamur) dan lainnya. Ah jadi bingung memilihnya…. (ias)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: