Titik 0 km | Dari Sini Semua Berawal
Anda di sini: Home » Features » Gandeng Pemkab Jember, Lantamal V Surabaya Gelar Baksos di Puger

Gandeng Pemkab Jember, Lantamal V Surabaya Gelar Baksos di Puger

Gandeng Pemkab Jember, Lantamal V Surabaya Gelar Baksos di Puger

Jembre (titik0km.com) – Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) V Surabaya, Kamis (17/1/2019) menggelar kegiatan Bhakti Sosial (Baksos) dalam rangka HUT Lantamal V ke 69 dengan bersinergi bersama Pemerintah Kabupaten Jember yang dipusatkan di alun-alun Puger, yang meliputi Khitanan Massal, Layanan KB pembagian sembako bagi Dhuafa, serta layanan Adminduk untuk warga tiga kecamatan diantaranya Puger, Gumukmas dan Wuluhan.

“Kegiatan Baksos kami gelar di Jember ini mungkin sudah takdir dari Alloh yang membawa kami ke Jember, dan kami memilih 3 kecamatan di Jember seperti Gumukmas, Puger dan Wuluhan, karena ketiga kecamatan ini memiliki garis pantai, dan ini pertama kalinya sinergi kami bersama dengan Pemkab Jember, dan Alhamdulillah mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat,” ujar Laksamana Pertama Edwin SH. M. HAN Komandan Lantamal V Surabaya kepada sejumlah media.

Edwin berharap, kesan pertama dalam kegiatan dengan bersinergi bersama Pemkab Jember yang baik ini bisa terus berjalan dan bisa digelar setiap tahun, dan tidak hanya pada kegiatan baksos saja, akan tetapi juga kegiatan lainnya yang bisa memberikan dampak ekonomi kepada masyarakat Jember, baik itu pemberdayaan nelayan maupun hal-hal lain.

“Saya berharap sinergitas antara AL dengan Pemkab Jember bisa berlangsung terus setiap tahunnya, sinergitas tidak harus dengan menggelar bakti sosial, akan tetapi bisa dalam kegiatan lain yang memberikan dampak dan manfaat secara ekonomi bagi masyarakat, apalagi di Jember jumlah nelayannya ada ribuan,” ujar Edwin.

Edwin menjelaskan, dampak ekonomi yang bisa dirasakan oleh nelayan adalah pemberdayaan dan pelatihan dalam penelolaan perikanan, terlebih kondisi cuaca laut yang ada di Jember yang tidak selalu bersahabat dengan nelayan.

“Kondisi cuaca laut di Jember itu berbeda dengan daerah pesisir utara pulau jawa, untuk di Jember khususnya, kondisi cuaca laut yang bersahabat dengan nelayan hanya 6 bulan, sedangkan 6 bulan berikutnya cuaca tidak mendukung nelayan untuk mencari ikan, sedangkan mereka membutuhkan sumber penghasilan setiap saat, nah disinilah kami akan memberikan pelatihan dan pemberdayaan nelayan terutama dalam hal pengelolaan dan budidaya ikan,” tambah Edwin.

Sementara Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR pada kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya kepada Lantamal V Surabaya yang telah memilih Jember sebagai lokasi Baksos, “Semoga kegiatan kemanusiaan hari ini menjadi inspirasi bagi generasi muda. Yang terpenting bagi seorang manusia adalah menjadi manusia berguna,” ungkap Faida.

Bagikan :

Leave a Comment

Scroll to top