Gapura Google Dorong UKM di Indonesia Go Online

YOGYAKARTA (titik0km.com) – Google bersama Kementerian Koperasi dan UKM RI terus berupaya mendorong tumbuhnya usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia dengan menyebarluaskan bisnis secara online. Melalui acara Gapura yang diadakan di Sheraton Hotel Yogyakarta (8/3), Google Indonesia mengundang pelaku usaha menengah kecil (UKM) online maupun offline dalam rangkaian acara Gapura Google Indonesia.

Menurut Shinto Nugroho, Head of Public Policy and Government Relations dari Google Indonesia. Dengan Semangat Gapura Go Online menghadirkan narasumber pelaku UKM yang sukses dan para pakar iklan online.  “Dalam acara Gapura ini juga kepada audiense dijelaskan pada kesempatan pertama pada para peserta untuk mengetahui dan menggunakan fasilitas Google, supaya bisnis atau usaha mereka dapat dengan mudah ditemukan melalui mesin pencari Google dan Google Map,” jelas Shinto Nugroho seperti yang dilaporkan kontributor Titik Nol Kilometer untuk DIY dan Jateng.

Shinto Nugroho juga menjelaskan bahwa acara Gapura Google merupakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan di Jakarta (23/2), Bandung (1/3), Yogyakarta (8/3), Surabaya (15/3), dan Denpasar (22/3) yang diselenggarakan untuk lebih mendorong tumbuhnya UKM di Indonesia adalah kerjasama bareng Kementerian Koperasi dan UKM RI.

Pada acara tersebut juga diberikan tips dan trik untuk memaksimalkan pengunaan layanan yang ada di Google, seperti Google+ maupun Youtube, sehingga pelaku UKM baik yang online maupun yang offline bisa memanfaatkan Google untuk meningkatkan penjualan lewat internet secara maksimal.

Selain dari Google juga ada narasumber pelaku UKM yang penjualannya sudah terkenal dan merambah ke luar negeri, salah satunya adalah Noor Arief yang merupakan owner Dagadu Jogja, yang dengan merek lokal mampu menjadi salah satu wakil merek asli Jogja dan menjadi legenda di bisnis kaos sampai saat ini.

Pada acara Gapura Google Indonesia ini juga dibuka dengan stan konseling yang memberikan penjelasan tentang dunia online dan pemanfaatnya, seperti antara lain stan 7langit yang menawarkan produk yg bisa di jadikan aplikasi, lalu stan Layaria yang memberikan layanan menangani segala jenis bisnis online melalui Youtube, juga stan Beon yang menyediakan jasa pembuatan web. (k23/ias)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: