Gunung Kelud Meletus Tiga Bandara Ditutup Sementara

Juanda, Adi Sutjipto, Adi Sumarmo Tertutup Abu Vulkanis Kelud

JAKARTA (titik0km.com)  – Akibat paparan abu vulkanik letusan Gunung Kelud, tiga bandara di bawah kelolaan PT Angkasa Pura I (Persero) yaitu Bandara Juanda Surabaya, Bandara Adisutjipto Yogyakarta, dan Bandara Adi Soemarmo Solo, ditutup sementara, demikian yang disampaikan PT Angkasa Pura I dalam rilisnya pada hari Jumat (14/2).

Di Bandara Juanda dilaporkan hingga pukul 09.00 WIB sebanyak 73 penerbangan yang dibatalkan terdiri 42 keberangkatan dan 31 kedatangan, sedangkan di Bandara Adisoetjipto ada 75 penerbangan yang dibatalkan. “Penutupan dilakukan mulai pukul 06.00 dan hingga sekarang Bandara Juanda masih tertutup oleh debu vulkanik akibat Gunung Kelud yang terbawa angin, dan penutupan ini juga dilakukan sebagai upaya menjaga dan demi keselamatan bersama,” ujar GM Angkasa Pura I Bandara Juanda, Trikora Harjo di Bandara Juanda pada saat peresmian Terminal 2 Bandara Internasional Juanda, seperti yang dikutip dari Kominfo Pemprov Jatim pada hari yang sama.

Dikatakannya, landasan Bandara Internasional Juanda juga dipenuhi dengan abu vulkanik. Untuk ketebalan, masih dalam pemeriksaan. “Para penumpang akan diberangkatkan, jika kondisinya sudah memungkinkan, tanpa menimbulkan adanya bahaya,” ujarnya.

Ia menjelaskan, lalu lintas penerbangan di Bandara Juanda dalam sehari rata-rata sebanyak 386 penerbangan tujuan domestik maupun internasional. Namun rencana penerbangan di pagi hari ini, hingga pukul 06.30 WIB belum ada pesawat yang mendarat maupun tinggal landas.

Trikora Harjo juga menambahkan, penerbangan yang delay seperti tujuan Surabaya-Jakarta, Surabaya-Denpasar, Surabaya-Makassar, Surabaya-Balikpapan, Surabaya-Banjarmasin, Surabaya-Semarang, Surabaya-Yogyakarta dan juga ada Surabaya-Hongkong.

Sedangkan di Bandara Adi Soemarmo dalam Notice to Airmen (NOTAM)-nya menyatakan menutup bandara mulai pukul 06.00 WIB hari ini hingga esok 15 Februari 2014 pukul 06.00 WIB. Sedangkan Bandara Adisoetjipto menyatakan akan menutup bandara pukul 07.54 WIB hari ini hingga 15 Februari 2014 pukul 07.30 WIB. (asd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: