Guru PAUD Jember Belajar Tumbuh Kembang Anak Pra Sekolah

JEMBER (titik0km.com) – Tumbuh kembang seorang anak, terutama pada masa pra sekolah ternyata sangat penting bagi anak. Terlebih saat ini anak dengan usia 3 s/d 6 tahun telah banyak mengenyam pendidikan di pra sekolah atau yang lazim disebut Pendidikan Anak Usia Dini dan Taman Kanak-Kanak. Seperti yang nampak pada Sesi Diklat Berjenjang Tingkat Dasar Untuk Pendidik PAUD (TK) di Hotel Merdeka Jember yang diadakan pada 22 s/d 26 September 2013.

Pada salah satu sesi tentang tumbuh kembang anak, puluhan guru PAUD yang mengikuti diklat tersebut pada hari Senin (23/09) diberikan sekilas gambaran tentang bagaimana seseorang anak memperoleh dasar untuk bekal kehidupan setelah mereka dewasa nanti. Sebagai pembicara sesi materi tumbuh kembang anak, dr Faida MMR, Direktur RS Bina Sehat Jember memberikan gambaran tentang bagaimana seorang memperoleh sentuhan dan pengalaman sehingga pada usia dewasa seorang anak mampu berinteraksi dan mengimbangi dunia diluar lingkungannya.

Pada salah satu materinya, dr Faida MMR mengupas tentang pentingnya keseimbangan otak kiri dan kanan, karena seorang anak mulai bisa menerapkan logika sedari usia 3 tahun. Otak kiri lebih banyak berkaitan dengan rasionalitas, tata bahasa dan berhitung, sedangkan otak kanan lebih banyak digunakan untuk berimajinasi, kreativitas, sosial-emosional, serta spirituil.

“Kedua bagian otak kanan dan kiri tersebut harus seimbang, kalau tidak seimbang akan menyulitkan si anak karena akan ada halangan atau hambatan pada saat dia dewasa nanti, nah itu tugas ibu guru untuk memberikan keseimbangan, apalagi ibu guru telah diberikan kepercayaan untuk mendidik anak dari wali murid, walaupun itu cuma 2 jam paling lama,” papar dr Faida MMR.

Beragam pertanyaan oleh ibu guru di PAUD dan TK tentang tumbuh kembang anak kepada dr. Faida MMR, Direktur RS Bina Sehat pun sangat beragam, mulai dari apakah anak usia pra sekolah sudah boleh diajar membaca dan berhitung, kemudian cara memperlakukan anak yang mempunyai kecenderungan tertutup ataupun juga ketika seorang anak meminta sesuatu dengan cara menangis yang tidak wajar.

Pada kesempatan itu juga dr. Faida MMR memaparkan beberapa aktivitas Dokter Kecil yang diselenggarakan oleh RS Bina Sehat Jember sebagai media pendidikan sekaligus membuat anak percaya diri dengan cara mengenalkan profesi kesehatan yang ada di lingkungan rumah sakit. “Di kelas Dokter Kecil banyak sekali membantu kegiatan guru maupun orang tua murid, seperti memberikan penjelasan tentang pentingnya anak untuk cuci tangan dengan benar misalnya, jika makanan sehat tapi cara cuci tangannya salah karena tidak mengerti, ya akhirnya si anak juga sakit karena cuci tangan yang tidak sempurna, walaupun makanannya sudah sehat. Jadi bisa dibilang kelas Dokter Kecil memberikan pengetahuan tentang lingkungan yang sehat kepada anak, juga pada guru dan orang tua murid yang mengantar,” pada akhir sesi Diklat Berjenjang Tingkat Dasar Untuk Pendidik PAUD (TK) yang diadakan oleh IGTKI Jember dan Dinas Pendidikan Kabupaten Jember tersebut. (fid)

Peserta Pelatihan antusias bertanya tentang tumbuh kembang anak kepada dr Faida MMR Perilaku anak pada usia pra sekolah juga memerlukan perhatian seperti lingkungan dan waktu bermain yang cukup

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: