Info Kuliner Kota Salatiga Jawa Tengah Gudeg Koyor

Gudeg Koyor kuliner Khas Salatiga

SALATIGA (titik0km.com)Jawa Tengah memang bisa dibilang gudang kuliner, jika anda pencinta kuliner sejati tentunya anda akan merasa bingung mencari tempat makan favorit.

Kali ini mengenai kuliner khas Salatiga, menu kuliner yang lezat ini tidak boleh anda lewatkan, Gudeg Koyor. Gudeg sendiri memang sangat identik dengan kota Yogyakarta, tetapi kota Salatiga adalah jago untuk jenis Gudeg Koyor.

Koyor atau urat juga otot sapi, yang menjadi pendamping gudeg, dimasak menggunakan kuah bersantan dan menonjolkan tekstur rasa manis-gurih dan pedas. Orang Salatiga menyebutnya Sambal Goreng Koyor. Koyor yang telah dipotong-potong agak kecil ditaruh di atas nasi gudeg + daun singkong, kemudian disiram dengan kuah pedasnya. Jika ingin cita rasa yang lebih gurih, kuah opor bisa disiramkan juga di atas gudeg. Biasanya dimakan pada saat masakan masih panas, karena jika dingin lemak dari santan akan membeku, serta bisa mengurangi kenikmatan makan anda.

Hampir setiap restoran atau warung makan di Salatiga menyediakan menu Gudeg Koyor dalam daftar menunya, namun hanya beberapa saja yang cukup di kenal oleh pecinta kuliner. Salah satu yang cukup ternama adalah Warung Gudeg Miroso milik Ibu Hj. Sukini, berlokasi di bagian dalam kompleks Pasar Sapi Lama. Para pelanggan dan pecinta kuliner lebih akrab dengan sebutan Gudeg Sukini, nama empunya atau Gudeg Pasar Sapi Lama.

Satu lagi, jika anda kebetulan kehabisan Gudeg Koyor Miroso, anda bisa langsung meluncur ke Warung Makan Tunggal Roso, depan SD Negeri jl. Hasanudin Salatiga. Memang hanya sebuah warung makan sederhana, namun cita rasa Gudeg Koyornya masih terasa lezat.

Jika anda kebetulan berada di sekitar Salatiga, anda harus mampir untuk merasakan gurihnya kuah santan kental dan koyor yang lembut khas Salatiga. (tok)

Gudeg Koyor Warung Makan Tunggal Roso Depan SD Negeri Jl Hasanudin Salatiga Gudeg Koyor Miroso Pasar Sapi Lama Kuliner Khas Salatiga Gudeg Koyor kuliner khas Salatiga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: