Ingin Masuk Politeknik Negeri se Indonesia Ikut PMDK PN Saja

JEMBER (titik0km.com) – Jalur penerimaan melalui penelusuran bakat dan minat atau yang biasa disebut PMDK, dipilih menjadi pola penerimaan mahasiswa baru (PMB) oleh 38 Politeknik Negeri seluruh Indonesia. Pasalnya pada tahun 2014 ini, Politeknik Negeri se Indonesia PMB melalui jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri (PMDKPN) yang dilakukan bersama-sama secara on-line.

Menurut Direktur Polije, Ir Nanang Dwi Wahyono, MM menjelaskan pola seleksi ini tertuang dalam suatu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak melalui seleksi prestasi akademik siswa selama mengikuti pendidikan di Sekolah Menengah. “Jalur PMDKPN merupakan seleksi Jalur Undangan yang diperuntukkan bagi calon peserta/siswa sekolah menengah (SMA/SMK/MA) baik negeri maupun swasta yang sekarang menduduki klas 3 dan akan melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Bidang VOKASI atau Politeknik Negeri di seluruh wilayah Indonesia”, papar Ir. Nanang Dwi Wahyono, MM Direktur Polije, seperti yang dikutip dari Humas Polije pada Rabu (26/2) oleh Titik Nol Kilometer.

Pada Kesempatan yang sama, Pembantu Direktur bidang Akademik Polije, Dr. Ir. Bagus P. Yudhia Kurniawan, MP,  pendaftaran calon peserta/siswa melalui jalur PMDKPN tidak dikenakan biaya apapun karena semua biaya telah dibebankan pada anggaran pemerintah. “Informasi lengkap serta tata cara pendaftaran Jalur PMDKPN dapat diakses pihak sekolah melalui situs www.pmdk.politeknik.or.id”, papar Bagus P. Yudhia.

Langkah pertama yang harus dilakukan, setiap sekolah harus melakukan login menggunakan username dan password yang akan disosialisasikan oleh panitia lokal dalam hal ini Politeknik Negeri setempat. “Setiap sekolah harus memasukkan data lengkap sekolah dan memasukkan data siswa terbaiknya yang mempunyai prestasi akademik dan non akademik yang direkomendasi untuk mendaftar ke PMDKPN”, lanjut Bagus P. Yudhia.

Selanjutnya siswa yang telah direkomendasi akan mendapatkan username dan password dari sistem aplikasi tersebut, yang akan dilanjutkan oleh masing-masing siswa mengisikan data siswa, nilai raport semester 1 sampai dengan 5, data keluarga, lampiran soft file foto diri dan surat rekomendasi serta pengisian pilihan Politeknik dan program studi.

Menurut Mahsus Nurmanto Humas Polije, setiap siswa pendaftar PMDKPN boleh memilih maksimal 3 program studi untuk 2 Politeknik. “Jumlah program studi yang boleh dipilih maksimal 3 prodi. Misalnya prodi pilihan 1 dan 2 di Polije dan prodi pilihan ke 3 di Politeknik lainnya”, tukas Mahsus Nurmanto. Selanjutnya siswa menyiapkan print out bukti pendaftaran, foto kopi raport, pas foto dan berkas lainnya untuk dikumpulkan ke guru Bimbingan dan Konseling yang selanjutnya dikirimkan secara kolektif ke Politeknik pilihan pertama.

Mahsus juga mengingatkan kepada pihak sekolah dan siswa memahami prosedur dan jadual PMDKPN, agar dapat bersaing menjadi bagian proses pendidikan unggul di Indonesia. “Mulai 1 Pebruari-31 Maret setiap panitia lokal akan mengirimkan username dan password ke setiap sekolah dalam jangkauannya, 10 Pebruari-30 April pengisian data setiap sekolah, 20 Maret-1 Mei pengisian data oleh siswa pendaftar serta 8 Mei merupakan batas akhir penerimaan berkas pendaftaran”, ungkap Mahsus Nurmanto.

Informasi lebih lanjut berkaitan dengan prosedur dan petunjuk pengoperasian aplikasi PMDKPN bisa dilihat di www.polije.ac.id. (asd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: