Jalin Sinergi, Geber Operasi Gratis Bagi 1.000 Kaum Dhuafa

MOU RS BINA SEHAT DENGAN 5 KABUPATENJEMBER (titik0km.com) – Sebagai langkah awal dari rangkaian kegiatan aksi sosial operasi gratis bagi 1.000 kaum dhuafa, Direktur RS Bina Sehat (RSBS) Jember dr. Faida, MMR melakukan roadshow ke lima kabupaten. Ini dilakukan untuk menjalin sinergi dengan seluruh jajaran pemerintahan di lima kabupaten. Meliputi Kabupaten Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, dan Banyuwnagi. “Dengan bersinergi akan semakin banyak kaum dhuafa yang membutuhkan bantuan operasi dapat tertangani,” ujarnya.

Faida menyampaikan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari spirit aksi sosial bersama saat kunjungan Pangdam V Brawijaya Murdjito ke RS Bina Sehat Jember pada 11 Oktober 2012 lalu. Termasuk gagasan Bupati Jember M.Z.A Djalal bersama tim penggerak PKK yang dikomandani Sri Wahyuni Djalal yang mencanangkan Jember bebas bibir sumbing. Maka dari itulah, RS Bina Sehat merespon dengan aksi  sosial berupa operasi gratis bagi 1.000 kaum dhuafa.

Faida menjelaskan, aksi sosial ini juga mendapat dukungan penuh dari Bupati Jember M.Z.A Djalal, Bupati Bondowoso dr.H.Amin Said Husni dan Bupati Situbondo H.Dadang Wigiarto, SH. “Kegiatan ini diselenggarakan sebagai tindak lanjut dari MoU yang telah ditandatangani bersama dalam pemecahan Rekor MURI Penandatanganan 885 MoU RS Bina Sehat tanggal 5 Juli 2012 mengenai kegiatan aksi sosial bersama bagi kaum dhuafa,” katanya.

Lebih lanjut dijelaskan, rangkaian roadshow ke lima kabupaten ini diawali dengan kunjungan ke Kodim 0824 Jember. Dalam pertemuan ini, Dandim Jember Letkol Infantri Tri Rana Subekti menyampaikan bahwa kesuksesan penyelenggaraan 100 operasi gratis bagi kaum dhuafa pada Oktober 2012 lalu, yang bertepatan dengan HUT TNI, merupakan amunisi bagi jajaran TNI Kabupaten Jember untuk kembali ikut berpartisipasi dalam menyukseskan kegiatan ini.

“Koordinasi akan kami tingkatkan karena kegiatan 1.000 operasi gratis bagi kaum dhuafa kali ini melibatkan cakupan operasi lebih luas. Yakni meliputi lima kabupaten yang masuk wilayah Danrem V Brawijaya. Antara lain Kodim 0821 Lumajang, Kodim 0822 Bondowoso, Kodim 0823 Situbondo dan Kodim 0825 Banyuwangi,” jelas Faida.

Faida menejelaskan, fokus operasi untuk wilayah Jember dan Situbondo dipusatkan untuk pasien pasien bibir sumbing, pasien katarak, pasien polidaktili (jari lebih), dan pasien CTEV (kaki pengkor). Sedangkan untuk wilayah Bondowoso sendiri dipusatkan untuk pasien pasien bibir sumbing, pasien polidaktili (jari lebih), dan pasien CTEV (kaki pengkor).

“Dengan semangat memberi dan berbagi serta partisipasi dari banyak pihak diharapkan dapat lebih banyak memberi manfaat bagi masyarakat dhuafa yang membutuhkan,” pungkasnya.

Terkait informasi mengenai kegiatan aksi sosial ini, dapat menghubungi dr. Maria Ulfah di nomor HP 0816599591, Bagian Informasi RS Bina Sehat (0331) 6008777 atau dapat langsung datang ke RS Bina Sehat Jl. Jayanegara No. 7 Jember. (tnt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: