Jember Jadi Pilot Project Produk IKM Berorientasi Ekspor

Jember (titik0km.com) Mentri Perdagangan Akan Menjadikan Jember Pilot Project Daerah Yang Mengembangkan Industri Kecil Dan Menengah Dengan Orientasi Ekspor.

Banyak sekali produk berkualitas layak ekspor yang dimiliki Kabupaten Jember. Demikian disampaikan Mentri Perdagangan, Enggartiasto Lukita, saat kujungan dalam rangka pengenalan komoditas ekspor Jember, di Pendopo Kabupaten Jember.

“Dirinya cukup dibuat kagum dengan banyaknya produk unggulan yang dimiliki Jember. Seperti Kopi, Coklat dan edamame,”kata Enggarsito kepada sejumlah media, di aula rumah dinas bupati jember (Pendopo) Kamis (16/3/2017) siang.

Menurutnya,”produk edamame dengan berbagai produk turunannya seperti pia edamame dan coklat edamame cukup memenuhi syarat dijadikan komoditas ekspor unggulan. karna untuk komoditas ekspor, haruslah yang memiliki persaingan rendah dengan negara lain. Sehingga produk yang diproduksi didalam negeri dan yang sulit didapat dinegara lain menjadi yang diutamakan,”tuturnya.

Kementrian perdagangan akan membantu membukakan pasar ekspor baru bagi produk-produk yang dinilai siap ekspor tersebut, seperti di Afrika, Pakistan, Banglades, Srilanka, Amerika Latin dan Timur Tengah yang saat ini telah menjalin hubungan perdagangan yang cukup baik dengan Indonesia.

Melihat produk yang ada, Enggartiasto mengaku optimis komoditas unggulan Jember mampu menembus pasar internasional. Tinggal bagaimana menjaga konsistensi kualitas dan produksinya. Dan tahap awal yang harus dilakukan sebelum ekspor, produk tersebut harus bisa masuk dan diterima konsumen di pasar-pasar ritel modern yang ada di Jakarja dan kota-kota besar lainnya di Indonesia.

Dengan Potensi yang dimiliki Jember tersebut, salah satu mentri dalam kabinet kerja presiden Jokowi ini berniat menjadikan Kabupaten Jember pilot Project daerah yang mengembangkan industri kecil menengah yang berorientasi ekspor. (Myn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: