Titik 0 km | Dari Sini Semua Berawal
Anda di sini: Home » Bisnis » Jember Juara Tiga Anugerah Wisata Jatim 2018, Puslitkoka Satu Satunya Pusat Penelitian di Asia Tenggara

Jember Juara Tiga Anugerah Wisata Jatim 2018, Puslitkoka Satu Satunya Pusat Penelitian di Asia Tenggara

Jember Juara Tiga Anugerah Wisata Jatim 2018, Puslitkoka Satu Satunya Pusat Penelitian di Asia Tenggara

Jember (titik0km.com) – Puslitkoka (Pusat Penelitian Kopi dan Koka) Indonesia berhasil menempatkan Kabupaten Jember sebagai Juara Tiga kategori wisata buatan pada Anugerah Wisata Jawa Timur 2018, yang digelar di Surabaya pada Selasa 23 Oktober 2018 kemarin, dimana juara dua diraih Atlantis Land Surabaya dan Juara 1 diraih oleh Wisata Kampung Coklat Kabupaten Blitar.

“Alhamdulillah Jember meraih juara tiga kategori wisata buatan pada anugerah wisata Jawa Timur 2018, sebenarnya ada tiga kategori yang mendapat anugerah yaitu kategori wisata alam, kategori wisata budaya dan kategori wisata buatan, dan kabupaten Jember memang hanya ikut di kategori wisata buatan dengan mendaftarkan Puslitkoka,” ujar plt. Kadispariwisata Dedi Winarno S.Pd Kamis (25/10/2018).

Menurut Dedi, meski meraih juara tiga, keberadaan Puslitkoka ini ternyata satu-satunya pusat penelitian kopi dan kakao yang ada di Asia Tenggara, tentu ini sebuah kebanggaan, dimana banyak akademisi maupun lembaga-lembaga penelitian dari berbagai mancanegara yang belajar melakukan penelitian di Jember.

“Puslitkoka ini satu-satunya pusat penelitian kopi dan kakao tidak hanya ada di Indonesia, tapi juga di Asia Tenggara, sehingga pada 22 program kerja bupati, Puslitkoka dimasukkan dalam RPJMD untuk menjadi destinasi wisata pendidikan, dan ini alasan pemkab mendaftarkan puslitkoka pada ajang anugerah wisata Jawa Timur,” ujar Dedi.

Dedi menambahkan kriteria untuk masuk nominasi anugerah wisata Jawa Timur ini juga tidak mudah, karena banyak persyaratan dan yang harus terpenuhi, diantaranya setiap hari ada pengunjung, baik dari wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara, akses yang mudah terjangkau, dan lokasi yang strategis juga menjadi syarat mutlak disamping syarat-syarat lainnya.

“Untuk bisa masuk nominasi dalam anugerah wisata jawa timur ini, banyak persyaratan yang harus terpenenuhi, diantaranya adanya pengunjung setiap harinya, serta lokasi yang strategis dan mudah dijangkau,” pungkas Dedi. (*)

Bagikan :

Leave a Comment

Scroll to top