Jember Kota Compossionate Action ke 7 di Indonesia

Jember, (titik0km.com) – Upaya Kabupaten Jember untuk menjadi kota Compossionate Action (Kota Welas Asih) terus dipersiapkan dengan matang, jika sehari sebelumnya dibahas melalui Focused Discussion Group (FGD), memasuki hari kedua, Jumat (11/10/2019) sudah memasuki tahapan training di kalangan pendidik, masa training dan sosialisasi ini akan dilakukan selama 3 bulan kedepan.

“Kita tengah mengupayakan Kabupaten Jember menjadi kota yang welas asih, sebenarnya saat ini, beberapa hal yang dibutuhkan untuk menuju kota welas asih, sudah ada di Kabupaten Jember, seperti adanya layanan untuk lansia, difabel dan juga Ruang terbuka Hijau atau taman kota,” ujar Wakil Bupati Jember Drs. KH. Abdul Muqit Arief.

Dengan adanya beberapa fasilitas yang sudah tersedia di kabupaten Jember, Wabup menilai, bahwa untuk mewujudkan Jember sebagai kota ‘Welas Asih’ tinggal bagaimana melakukan sosialisasi dan menerapkan di kehidupan sehari-hari.

“Semua tinggal sosialisasi dan menggugah kesadaran masyarakat untuk memiliki rasa empati dan memiliki kepedulian, bisa diawali dari lingkungan keluarga dan lingkungan rumah maupun lingkungan sekolah,” beber Wabup.

Sementara dr. Haidar Baqir dari Compassionate Action Indonesia, kepada wartawan mengatakan, bahwa saat ini di Indonesia baru ada 6 kabupaten dan kota yang sudah menjadi kota welas asih, dan Jember akan menjadi kota ke 7 bersamaan dengan propinsi Jawa Barat sebagai Propinsi pertama yang menjadi Propinsi Welas Asih.

“Saat ini sudah ada 6 kota dan kabupaten yang sudah menjadi kota Welas Asih, salah satunya Banyuwangi, dan Jember nanti akan menjadi kota ke 7, dan untuk menjadi kota welas asih, tidak perlu merubah program Bupati yang sudah berjalan, dan saya melihat di Jember sudah siap, tinggal bagaiman mengintregasikan saja,” pungkas Haidar.  (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: