Titik 0 km | Dari Sini Semua Berawal
Anda di sini: Home » Bisnis » Jember Raih Penghargaan NATAMUKTI dari ICSB Indonesia

Jember Raih Penghargaan NATAMUKTI dari ICSB Indonesia

Jember Raih Penghargaan NATAMUKTI dari ICSB Indonesia

Jember (titik0km.com) – Kabupaten Jember kembali menjadi pemenang dalam “ICSB Indonesia City Awards 2018, Penghargaan NATAMUKTI” yang diselenggarakan pada Kamis (15/11) di Graha Widya Bhakti, Gedung 123 Kawasan Puspiptek Serpong, Tangerang Selatan. Wakil Bupati Jember KH Abdul Muqiet Arif hadir dalam acara tersebut.

International Council for Small Business (ICSB) adalah sebuah organisasi nirlaba internasional didirikan pada tahun 1955 yang bertujuan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan usaha kecil dan menengah di seluruh dunia yang pada gilirannya dapat memberikan dampak ekonomi dan sosial yang positif bagi suatu negara. Organisasi ini mempertemukan para akademisi, peneliti, pembuat kebijakan, dan praktisi dari seluruh belahan dunia yang berfungsi sebagai empat pilar utama ICSB untuk berbagi pengetahuan dan keahliannya di bidang masing-masing.

Sebagai penggerak roda perekonomian utama di Indonesia, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi perhatian pemerintah dan lembaga internasional saat ini. Ekosistem UMKM yang kondusif hanya bisa dicapai dengan kontribusi dari berbagai pihak seperti praktisi bisnis, akademisi dan peneliti. Selain itu, peran pemerintah daerah dalam mendukung UMKM menjadi pilar pendorong utama ekonomi lokal.

ICSME sebagai host organization ICSB Indonesia, bersama dengan Kementerian KUKM menginisiasikan sebuah penghargaan ‘Piala Natamukti’ sebagai apresiasi kepada kota dan kabupaten yang berhasil mendorong keberlangsungan UMKM di daerah masing-masing. Penghargaan ini dibagi menjadi 2 kategori, yaitu Penghargaan Natamukti dan Natamukti Nindya.

Penghargaan Natamukti diberikan kepada kota dan/atau kabupaten yang berhasil dalam memasarkan, mendorong peningkatan kualitas, serta membangun ekosistem UMKM di daerahnya; sedangkan Penghargaan Natamukti Nindya diberikan oleh Menteri Koperasi kepada kota dan/atau kabupaten yang terbaik dalam meningkatkan daya saing UMKM secara keseluruhan, baik di tingkat nasional bahkan internasional.

Wakil Bupati Jember KH Muqiet menyampaikan, alhamdulillah ternyata Jember ini dianggap sebagai salah satu kabupaten yang berhasil mengangkat produk-produk lokal yang terus dilakukan pengembangan.

“Ini merupakan sebuah hal yang harus kita syukuri. Dan satu hal lagi mungkin kami, saya sangat berterima kasih kepada semua pihak di Jember dari teman-teman yang tidak pernah lelah untuk menemani UMKM dalam rangka untuk sesuai dengan program yang kita pilih, nampaknya Jember cukup berhasil dalam bidang ini,” terang Wabup KH Muqiet.

Menurutnya, penghargaan yang telah diterima ini jelas merupakan sebuah tantangan bagi Jember ke depannya yang tentunya dengan penghargaan ini akan harus berusaha lebih giat lagi lebih bersemangat lagi dalam rangka untuk mengembangkan produk-produk lokal dan mengembangkannya agar mendapatkan pengakuan secara nasional dan internasional. (*)

Bagikan :

Leave a Comment

Scroll to top