Jember Tercepat Kelima Perekaman e-KTP

JEMBER (titik0km.com) – Animo masyarakat yang begitu besar telah menghantarkan Jember meraih penghargaan dari menteri dalam negeri (Mendagri). Jember dinobatkan sebagai daerah yang melakukan perekaman e-KTP tercepat kelima dari 497 kabupaten/kota se-Indonesia.

Penghargaan dari Mendgari ini diberikan kepada Bupati Jember M.Z.A Djalal, Ketua DPRD Jember Saptono Yusuf, dan Kepala Dispendukcapil Jember Isman Sutomo. Penghargaan ini diserahkan Mendgari Gamawan Fauzi langsung kepada Wakil Bupati Jember Kusen Andalas di Jakarta 29 November 2012 lalu.

Kabupaten Jember menjadi kabupaten tertinggi kelima jumlah  perekaman e-KTP se Indonesia,” ujar Isman Sutomo, kepala Dispenducapil Jember. Isman menjelaskan, Jember dinilai punya komitmen dan mendukungan dalam penyelenggaraan pelayanan penerapan e-KTP. nya.

Penilaian tersebut didasarkan atas perekaman e-KTP yang dilakukan sejak tahun 2011 hingga 2012. “Kita sebenarnya bisa lebih cepat dari kabupaten dan kota lain. Sebab, kita baru melakukan perekaman e-KTP sejak 23 April 2012. Sementara, kabupaten dan kota lain sudah ada yang melakukan sejak tahun 2011,” ujarnya.

Kendati perekaman dilakukan sejak 23 April 2012, namun perekaman e-KTP yang dilakukan di Jember sangat cepat. “Ini berkat animo masyarakat yang begitu besar mendukung program e-KTP,” ujarnya. Maka dari itulah, pihaknya juga mengucapkan terima kasih atas dukungan dari para camat, kepala desa, hingga para petugas dan operator di lapangan. “Kita mampu mengalahkan 493 kabupaten/kota dari 497 se-Indonesia dalam perekaman e_KTP,” ujarnya.

Jumlah perekaman E-KTP sampai dengan tanggal 4 Desember 2012 tercatat sebanyak 1.556.967 E-KTP atau 87% dari keseluruhan jumlah penduduk Kabupaten Jember. Sedangkan jumlah E-KTP yang telah jadi dan terdistribusi ke kecamatan sejumlah 1.282.761 E-KTP atau 82,39 %. (tnt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: