JOMC II Bakal Meriah Dengan Defile Marching Band Internasional

JEMBER (titik0km.com) – Bagi anda yang ingin menyaksikan International Jember Open Marching Band (JOMC) ke 2, berikut ini adalah informasi untuk upacara pembukaan dan penutupan jalan serta areal parkir yang akan disediakan oleh panitia.

Upacara  Pembukaan Kejuaraan International Jember Open Marching Competition II2013 dilaksanakan pada hari Jum’at (20/09). Dua kegiatan sekaligus dilakukan pada hari jum’at pagi hari pk. 07.30 wib berupa Grand Opening. Untuk Street Parade Competition dilaksanakan pada malam hari mulai pk 18.00 wib, diawali di Jl Gajah Mada dan berakhir di Alun-alun Jember.

Gambaran upacara pembukaan JOMC II rencananya akan diikuti oleh 25 peserta dan berdefile dengan diiringi lagu Mars Patriot Olah Raga, dan dilanjutkan dengan babak penyisihan International Drum Battle yang dilaksanakan pada pukul 09.00 – 11.00 WIB. Masing-masing tim menunjukan atraksi Percussion dengan jumlah pemain 20 orang dengan durasi 2 menit dan dinilai langsung oleh 3 juri  yaitu Mr. Kosin Suebprasitwong Thailand, Mr Tang Chia Hoe Malaysia dan Mr Adi Yunimon Indonesia. Adapun unsur- unsur penilaian adalah music, music Effect, visual dan visual Effect. Seluruh peserta akan di ranking mulai peringkat 1 – 8 untuk Basic Division dan peringkat 1 – 17 untuk International Division. Selanjutnya mereka akan bertanding pada babak semi Final pada hari sabtu tanggal 21 September 2013.

Sedangkan pada acara malam di hari yang sama, semua tim akan turun penuh dan berdefile dari jl Gajah Mada depan Rien Collection menuju ke alun-alun Jember. Menurut Tri Basuki, Ketua Panitia JOMC II 2013, Lomba Street parade akan diberangkatkan oleh Ketua KONI Jember, Gatot Harsono, “Mereka nanti akan melakukan Marching Show di hadapan Bupati Jember beserta Undangan VVIP di tenda Finish yang berada di pendopo kabupaten Jember.

Mengenai lomba Street Parade Percussion disediakan 4 pos juri yang menilai peserta dari segi marching performance, music analysis, dan visual. Tentunya lomba street parade ini akan menghibur masyarakat  Jember tentunya serta Indonesia pada umumnya karena 18 unit adalah marching band dari luar kota Jember dan terutama penampilan 2 Marching Band asal Thailand dan Malaysia yang akan menampilkan pertunjukan yang lain dari pada biasanya.

Lomba street parade JOMC II 2103 yang menggunakan jl. Gajah Mada dan akan ditutup tepat pk. 16.00 WIB. Semua peserta berkumpul di ruas Jl Gajah Mada di depan BCA. Diperkirakan terdapat 80 bis untuk mengantar kontingen yang berjumlah sekitar 2500 pemain.

Wilayah parkir sendiri akan dibagi menjadi 4 area dengan pembagian sebagai berikut, Tempat parkir bis kontingen dipusatkan di jl Kartini, untuk undangan VVIP disediakan lahan parkir di jl. Wijaya Kusuma dan Jl. Ciliwung. Untuk Undangan di lokasi start, parkir dipusatkan di Jl. Saman Hudi/Pasar Tanjung dan Jalan Kenanga.

Grand Opening JOMC II sendiri akan ditandai dengan pemukulan Bass Drum oleh Ketua Koni dan diiringi oleh roll seluruh pemain perkusi yang berjumlah 500 orang. Saat ini berapa kontingen telah datang antara lain, MB LOCOMOTIVE BANDUNG, MB SARASWATI DENPASAR, MB CROSS SATRIA DE CORPS SITUBONDA, TOP DRUM KOTA BATU, DRUM CORPS AREK SUROBOYO DAN BATTERY HEADZ MALAYSIA.

Rencananya Kamis (19/09) akan datang Jenggolo MB Sidoarjo,  DC. Sympony El-farabi  Lamongan, MB BSSB SMAN 1 Malang dan Bangkok Society DrumLine Thailand. Seluruh team sudah diwajibkan hadir untuk melakukan uji arena di GOR PKPSO Kaliwates Jember, yang telah dipersiapkan sebagai lokasi lomba dengan standard International, dan tidak kalah pentingnya adalah acara welcome party yang akan diadakan Kamis malam di Pendopo Kabupaten bersama Bapak Bupati dan Muspida serta jajaran Pemkab Jember  dalam rangka menyambut para kontingen yang akan berlomba di even JOMC II2013. (ias)

Layot JOMC II 2013 Gajah mada Alun-alun Jember

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: