Kader Perempuan PDIP Digembleng

kader perempuan pdip picJEMBER (titik0km.com) – “Sekarang ini bukan zamannya lagi perempuan dibatasi aktivitasnya. Apalagi menyangkut pemenuhan perekonomian keluarga.”

Itulah pandangan Siti Aminah, ketua Forum Peduli Solidaritas Perempuan Jember saat menjadi salah satu pembicara dalam seminar yang digelar DPC PDIP Jember.

Dalam seminar bertajuk` Perempuan dan Peranannya` tersebut, Siti Aminah mengupas panjang lebar soal peran perempuan yang tak kalah dengan lelaki. Bahkan, kesuksesan perempuan bisa melebih kesuksesan lelaki dalam bidang-bidang tertentu. Siti Aminah tak hanya bisa berteori. Dia juga sudah membuktikan dari dirinya sendiri yang mampu mandiri dengan mengelola beberapa usaha.

Maka dari itulah, kata dia, perempuan harus berdaya dan terus mengasah kemampuannya. Perempuan harus berlomba-lomba menggapai prestasi tak jauh bedanya dengan kaum lelaki.

Menariknya, dalam seminar yang digelar dalam rangka memperingati hari ibu pada 22 Desember, hadir ratusan kader perempuan PDIP. Bahkan, Wakil Bupati Kusen Andalas yang sekaligus ketua DPC PDIP Jember ini hadir dan memberikan support atas terselenggaranya acara tersebut.

Banyak hal yang dikupas dalam seminar tersebut. Mimin, sapaan akrab Siti Aminah SE, sempat mengupas tuntas soal kemandirian perempuan.

Bagi Mimin, saat ini bukan lagi zamannya, jika seorang perempuan tidak bisa menunjukan potensi kemandirian ekonomi yang sejatinya dimiliki. Banyak hal yang harus dikonstruksi ulang terkait pandangan orang terhadap perempuan. “Pemikiran tradisonal perempuan hanya layak ada didapur dan konco wingking, itu harus dirubah,” ujarnya.

Tak jauh beda diungkapkan  Ni Nyoman Martini, aktivis PDIP yang kemarin juga menjadi salah seorang pembicara seminar. Dijelaskan, dalam era reformasi, kebebasan perempuan berpolitik tidak dibatasi.

Atas kenyataan itulah, Martini meminta kepada seluruh kader perempuan PDIP yang hadir pada acara itu, untuk bangkit berjuang membangun kesetaraan gender dalam dunia politik.

Begitu juga dengan ketua DPC PDIP Kusen Andalas, juga mengapresiasi dua nara sumber seminar yang mampu membangkitkan semangat perempuan PDIP.

Bagi Kusen, sebuah gagasan sebaik apapun, akan menjadi percuma jika tidak diterapkan. “Paparan para pemateri itu sangat bagus, Mbak Mimin membahas kemandirian perekonomian perempuan, Bu Martini membahas tentang peran politik perempuan,” ujarnya. (tnt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: