Kadinkes: Puskesmas Bantu Screening Awal Pasien Miskin

dr.Faida, MMR Direktur RS Bina Sehat memberikan paparan tentang tehnik pelaksanaan aksi sosial bagi 1000 Dhuafa di depan Kadinkes Kab JemberJEMBER (titik0km.com) – Kepedulian semua pihak tampak terlihat dalam pembagian tugas dalam menyukseskan aksi sosial operasi gratis bagi seribu pasien miskin. Buktinya, tim penggerak PKK yang dikomandani Sri Wahyuni Djalal bersama jajaran puskesmas siap membantu dalam hal screening administrasi peserta. Termasuk screening medis awal peserta dan membantu dalam urusan transportasi.

Di samping itu, dalam rapat koordinasi yang dihadiri Kepala Dinas Kabupaten Jember dr. Bambang Suwartono M.Kes, juga sempat dibahas sinergi antara RS Bina Sehat dengan puskesmas setempat untuk membantu penanganan kasus pasien kontrol.

Menurut dr. Maria Ulfah, koordinator aksi sosial dari RS Bina Sehat menyampaikan, jadwal screening awal sudah disusun, termasuk roadshowtim RSBS ke beberapa Kabupaten. Diantaranya, Lumajang, Bondowoso dan Situbondo untuk men-screening peserta. “Untuk kasus katarak jadwal screening disusun per kecamatan,” ujarnya.

Dalam rapat koordinasi, Kepala Dinkes Pemkab Jember dr. Bambang Suwartono M.Si menegaskan, pihaknya sangat men-support kegiatan aksi sosial. Bahkan, Kepala Dinas Kesehatan menghimbau jajarannya agar membantu semaksimal mungkin kegiatan ini. Alasannya, kegiatan ini akan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam hal kesehatan.

“Kegiatan operasi ini akan dapat membantu masyarakat yang awalnya mengalami keterbatasan misalnya pada kasus katarak sehingga pasien dapat melihat secara normal dan dapat bekerja kembali,“ ujarnya.

Dalam pertemuan ini dilakukan diskusi tentang tehnis pelaksanaan kegiatan, mulai dari screening pasien, pelaksanaan operasi sampai pasien kontrol. Dukungan diberikan oleh kepala puskesmas untuk membantu screening awal pasien dalam menegakkan diagnosa penyakit pasien serta memotivasi pasien untuk operasi.

Kegiatan aksi sosial ini juga diharapkan dapat mensukseskan misi besar Kabupaten Jember dalam pencanangan Jember bebas bibir sumbing dan katarak 2013. Di akhir rapat disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Jember bahwa semua yang hadir dalam rapat koordinasi merupakan satu tim yang memiliki tanggung jawab bersama untuk mensukseskan kegiatan ini. (tnt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: