Karya Bakti TNI, Memupuk Rasa Kemanunggalan TNI-Rakyat

MAGETAN  (titik0km.com) – Pembinaan Teritorial ( Binter ) dilaksanakan oleh satuan Koramil 07 Karangrejo pada dasarnya untuk mewujudkan Ruang Juang, Alat Juang dan Kondisi Juang yang tangguh serta Kemanunggalan TNI -Rakyat melalui kegiatan yang bersifat lintas sektoral, terpadu dan melibatkan seluruh komponen bangsa melalui kegiatan Karya Bhakti yang dilakukan dengan pendekatan kesejahteraan masyarakat tanpa mengabaikan kesiapsiagaan satuan dalam melaksanakan tugas pokoknya.

Menurut Kapten Inf Efendi Santoso, Danramil 07/Karangrejo, bhakti TNI ini merupakan salah satu Metode Binter, selanjutnya pelaksanaan di satuan dijabarkan melalui kegiatan Karya Bhakti yang dilaksanakan secara terpadu dengan seluruh komponen yang ada di wilayah guna mewujudkan kemanunggalan TNI dan Rakyat serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Peran serta Babinsa Koramil 07/Karangrejo, Kodim 0804/Magetan, Korem 081/DSJ dalam kehidupan masyarakat Kecamatan Karangrejo Kabupaten Magetan, selain melaksanakan program dari Komando Atas, para Babinsa juga mendukung jalannya roda pemerintahan di wilayah desa binaan, “Jadi salah satu peran Babinsa Koramil 07 Karangrejo yaitu memberikan contoh serta mengajak warga masyarakat Kecamatan Karangrejo untuk menjaga kebersihan, ketertiban dan keamanan lingkungan tempat tinggal, sesuai dengan Santi Aji Delapan Wajib TNI point ke-8 yaitu menjadi contoh dan mempelopori usaha-usaha untuk mengatasi setiap kesulitan masyarakat disekelilingnya,” ujar Efendi Santoso.

Pelaksanakan Karya Bhakti dengan mengikutsertakan Masyarakat Kecamatan Karangrejo dalam menjaga kebersihan, ketertiban dan keamanan lingkungan tempat tinggal serta fasilitas umum seperti pembersihan parit kiri-kanan jalan, pembenahan dan pembersihan Jambur (Balai Pertemuan Rakyat), pembersihan tempat olah raga dan rumah ibadah  Masjid. Kegiatan Karya Bhakti Koramil 07/Karangrejo dipimpin langsung oleh Danramil 07/Karangrejo, Kapten Inf Efendi Santoso serta dalam perencanaan dan pelaksanaan kegiatan ini tetap berkoordinasi dengan Muspika, Tokoh Masyarakat, Adat, Agama dan Pemuda yang ada di Kec.Karangrejo, dengan maksud Karya Bhakti yang dilaksanakan oleh Koramil 07/Karangrejo bukan hanya untuk membersihkan lingkungan saja tetapi sebagai sarana untuk komunikasi dan bersilaturahmi khususnya Masyarakat Kec. Panekan. Kegiatan Karya Bhakti merupakan upaya pendalaman nilai-nilai ke-manunggalan TNI dengan Rakyat, dan kegiatan Karya Bhakti ini dilaksanakan setiap minggu ke-2 setiap bulannya. (asd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: