Kasdam Buka Latihan Taktis Brigif 16 WY di Malang

MALANG (titik0km.com) – Kasdam V/Brawijaya Brigjen TNI Asma’i bertindak selaku Irup pada upacara pembukaan Latihan Taktis Antar Kecabangan Brigif 16/ Wira Yudha TA. 2013 pada hari Rabu (20/11) di Lapangan Rampal Malang. Latihan Taktis Ancab ini diikuti oleh Batalyon Infanteri di jajaran Brigif 16/WY (Batalyon 521, 527, 511) serta Batalyon Bantuan Tempur sesuai kecabangan jajaran Kodam V/Brawijaya.

Tema latihan taktis adalah “Brigade Tim Pertempuran Melaksanakan Operasi Militer selain Perang (OMSP) di Wilayah Jatim dalam rangka Menjaga Keutuhan Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia”. Terkait hal tersebut, Latihan Ancab merupakan salah satu metode latihan taktis dengan pasukan yang diberikan serangkaian keadaan dan kejadian yang sambung menyambung.  Maksud dan tujuan latihan taktis ini sendiri adalah melatih Komandan dan Staf serta unsur Pelayan Markas Satuan dalam melaksanakan teknik, prosedur dan tata cara kerja yang berlaku di suatu Markas Komando.

Dalam amanat Pangdam V/Brawijaya yang dibacakan oleh Kasdam V/Brawijaya menyampaikan bahwa latihan seperti ini merupakan upaya peningkatan kinerja dan prestasi dalam bentuk peningkatan profesionalitas TNIAD. “Maka Kodam V/Brawijaya sebagai bagian dari TNIAD, juga dituntut untuk mampu membentuk prajuritnya yang profesional, militan, solid dan bersama rakyat TNI kuat,” papar Asma’i dihadapan peserta latihan.

Kepada Komando Latihan, Pangdam minta agar metode latihan yang diterapkan benar-benar sesuai dengan prinsip pembinaan latihan dan doktrin pendidikan TNIAD. Karena latihan dan praktek merupakan metode yang terbaik guna meningkatkan keterampilan personel. Dan kepada seluruh personel yang terlibat di latihan Taktis Ancab ini agar selalu memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan baik personel maupun materiil,” lanjut jendral berbintang satu tersebut.

Pangdam V/Brawijaya juga berpesan agar para peserta latihan, agar benar-benar mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan penuh kesungguhan. “Kuasai dan pahami tugas pokok, sebab hanya dengan  menguasai tugas pokok, kita akan mampu menyelesaikan tugas dengan hasil yang optimal,” kata Asma’i lagi.

Rencananya kegiatan Latihan Taktis Ancab ini akan dihadiri oleh para Bupati dan Walikota seluruh Jawa Timur dan ditinjau langsung oleh KSAD, Letnan Jenderal TNI Moeldoko. (asd)

Kasdam Buka Latihan Taktis Brigif 16 WY di Malang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: