Dari Sini Semua Berawal

Ke Cina, Bupati Hadiri Forum UCLG ASPAC 2019

Ke Cina, Bupati Hadiri Forum UCLG ASPAC 2019

Jember (Titik0km.com) – Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR., hadir dalam forum internasional “2019 UCLG ASPAC Executive Bureau Meeting and Dialogue on International Economic and Trade Cooperation Under The Belt and Road Initiative”, Selasa, (21/5/ 2019), di Kota Yiwu, Zhejiang, Republik Rakyat Tiongkok.

Acara tersebut digelar oleh United Cities and Local Governments Asia – Pacifik (UCLG ASPAC) atau organisasi pemerintahan kota di negara-negara lingkup Asia – Pasifik. Kabupaten Jember menjadi salah satu anggotanya.

Pertemuan tersebut membahas kerjasama ekonomi dan perdagangan internasional. Selain itu ada pameran produk-produk lokal kota-kota anggota UCLG ASPAC.

Sekretaris Jenderal UCLG ASPAC Bernadia Irawati Tjandradewi mengatakan, “Ini menjadi kesempatan untuk meningkatkan persahabatan, berbagi pengalaman pembangunan, dan membahas kerja sama di masa depan.”

Pada momen ini, Bupati Jember Faida akan memaparkan perkembangan terbaru Kabupaten Jember, serta menjelaskan program kerja tahun 2019.

Bupati juga akan terlibat dalam berbagai dialog ekonomi dan perdagangan internasional. Disini terbuka kemungkinan kerjasama komoditas lokal maupun potensi lokal untuk diperdagangakan antarnegara.

Rangkaian kegiatan yang akan diikuti bupati diantaranya pertemuan Komite Kerjasama Keadaan Lokal dan Daerah (Belt and Road Local Cooperation Committee), yakni tentang kerjasama jalur sutera perdagangan Cina.

Kegiatan lainnya adalah pertemuan Komite Tetap Asia Tenggara (Southeast Asia Standing Committee Meeting), Culture Standing Committee Meeting, Women In Local Government Committee Meeting, 21st Century Maritime Cooperation Committee Meeting, South & Southwest Asia Standing Committee Meeting.

Dalam kegiatan itu juga akan ada Peresmian Peluncuran Jurnal Elektronik UCLG ASPAC. Juga ada sesi utama yang memaparkan peluang perdagangan tanpa hambatan.

Bernadia Irawati Tjandradewi menjelaskan acara ini akan berlangsung selama empat hari mulai 21 – 24 Mei 2019. Selain dialog, acara akan diisi dengan pameran serta kunjungan wisata lokal Kota Yiwu. (*)

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *