Kegembiraan City Tour Finalis Gus Ning Jember 2013

24 Finalis Gus Ning Jember - Paguyuban Gus Ning Jember berfoto bersama dengan keluarga besar komunitas Tanoker Ledokombo Jember 160613 JEMBER (titik0km.com)24 Finalis Gus Ning Jember 2103, pada hari Minggu (16/06) kemarin melakoni agenda kegiatan City Tour yang merupakan rangkaian kegiatan menjelang karantina dan malam Grand Final Pemilihan Gus Ning Jember 2013.

Agenda yang dilakoni 24 Finalis Gus Ning Jember adalah materi menjadi pemandu wisata, berkunjung ke Komunitas Tanoker Ledokombo Jember, berkunjung ke pengerajin di Ledokombo, belajar bersama anak-anak di komunitas Tanoker Ledokombo, bermain egrang dan mencoba polo lumpur Komunitas Tanoker Ledokombo.

Paguyuban Gus Ning Jember memberikan pengarahan untuk city tour dengan materi tour guiding kepada 24 Finalis Gus Ning 2013 160613

Menurut Deta Subiyantoro dari Seksi Pemasaran dan Peyuluhan Kantor Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jember agenda city tour ini memang cukup padat dan sempat diguyur hujan, “Pada saat bermain polo lumpur bersama komunitas Tanoker tiba-tiba hujan menguyur semua orang yang ada di lokasi polo lumpur, tapi baik 24 Finalis Gus Ning Jember 2013 yang didampingi dengan Paguyuban Gus Ning Jember malah tampak senang karena bisa berhujan-hujan bareng anak anak Ledokombo,” kata Deta Subiyantoro.

Agenda city tour ini memang menjadi agenda rutin untuk para Finalis Gus Ning Jember 2013 sebagai bentuk pengkayaan wawasan dan pengetahuan tentang Jember bagi para finalis.

Tim Finalis Gus Ning Jember 2013 dan Paguyuban Gus Ning Jember bermain polo lumpur di lapangan milik Komunitas Tanoker Ledokombo Jember melawan Tim Tanoker LedokomboMengenai pemilihan komunitas Tanoker Ledokombo sendiri, Deta menjelaskan bahwa semua finali diajak untuk mengenali jenis permainan tradisional seperti egrang dan belajar bersama anak-anak di Ledokombo. “Ini akan menjadi pengetahuan bagi finalis bahwa permainan tradisional juga sangat menarik apalagi, ketika dimainkan beramai- ramai,” kata Deta Subiyatoro.

Apalagi pada saat yang bersamaan Komunitas Tanoker Ledokombo juga sedang dikunjungi oleh dua orang guru dari Amerika Serikat yang tergabung dalam Global Teacher for Transformation, Pamela Miller dari Incline High School, Lou Kindschi dari Oregon High School dari Amerika Serikat.

Tak ayal lagi ke 24 Finalis Gus Ning Jember 2013 menggunakan kesempatan ini untuk berdiskusi bersama kedua guru asal Amerika Serikat tentang pendidikan.

Ciciek Farha - Suporahardjo dari Komunitas Tanoker Ledokombo - Pamela Miller Incline High School US - Lou Kindschi Oregon High School US 160613

Kedatangan kedua guru dari Amerika Serikat ini adalah bagian dari program IREX. IREX sendiri adalah sebuah organisasi nirlaba internasional berkedudukan di Amerika Serikat, yang mengembangkan dan mendorong pemikiran kepemimpinan dan program inovatif yang mempromosikan perubahan positif di era globalisasi melalui pendidikan. (ias) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: