Kementan Bagikan Ribuan Ayam Kepada RTM di Jember

Jember (titik0km.com) Sedikitnya 425 Rumah Tangga Miskin (RTM) dari tiga kecamatan di Jember, diantaranya, Kalisat, Ledokombo dan Gumukmas, Rabu (25/9/2018) mendapat kucuran perdana bantuan 21.250 ekor ayam serta 500 sak pakan dari Kementerian Pertanian (Kementan) yang penyerahannya dilakukan di Desa Plalanan Kalisat. Penyerahan perdana ini disaksikan langsung oleh Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR

“Kami berterima kasih dan mendukung program Kementan ini, sehingga ketika Bapak Menteri Pertanian hadir di Jember beberapa waktu lalu yang menyatakan ada program Bekerja yang artinya Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera, kami dari Pemkab Jember langsung merespon dengan melakukan verifikasi, dan hasilnya hari ini warga menerima bantuan ayam beserta pakannya,” ujar Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR.

Bupati menjelaskan,proses verifikasi yang dilakukan pemkab pada program Bekerja dari Kementan ini dilakukan sejak 20 Juli hingga 8 Agustus, dimana Pemkab Jember menyerahkan data kepada Kementan jumlah RTM yang layak mendapat bantuan sebanyak 15.606 RT.

“Usai melakukan verifikasi, kami mendapatkan data 15.606 RTM yang diajukan kepada bapak Menteri, namun yang dianggap layak menerima hanya 12.698 RTM atau setara dengan 81,4 persen yang di terima, sedangkan sisanya 2.908 atau 18,6 persen RTM dianggap tidak layak menerima bantuan, dan untuk tahap pertama ini baru 425 yang sudah siap kandangnya, targetnya pertengahan November harus tuntas,” ujar Bupati.

Bupati berharap, dengan adanya program Bekerja dari Kementan ini, bisa memberikan dampak ekonomi yang positif untuk warga Jember, dan benar-benar bisa dimanfaatkan dengan baik, “Mudah-mudahan bantuan dari Kementan ini bisa memberikan dampak ekonomi bagi warga Jember yang mendapat bantuan,” ujar Bupati.

Drh. Fadjar Sumping Tjatur Rasa PhD, selaku penanggung jawab program Bekerja Propinsi Jawa Timur yang mewakil pihak Kementan pada kesempatan tersebut menyatakan program Bekerja dari Kementerian Pertanian ini diharapkan mampu memberikan kontribusi positif terhadap program lain yang dijalankan pemerintah seperti program bantuan sosial, pemberdayaan masyarakat, maupun pemberdayaan usaha kecil dari Kementerian maupun lembaga lain.

“Mudah-mudahan bantuan pemerintah ini bisa merubah status RTM menjadi lebih baik dan tidak miskin lagi, dalam bantuan ini setiap RTM mendapat bantuan 50 ekor ayam jenis Joper alias Jowo Super yang berumur 4 Minggu, dan lengkap dengan pakannya untuk 4 bulan serta paket vitamin dari Kementan,” ujar Fadjar Sumping.

Fadjra menambahkan bantuan program ini diproyeksikan akan memberikan pendapatan bagi masyarakat sebesar 500 ribu per bulan, secara Nasional program bekerja ini ditargetkan untuk 190.000 RTM, dimana setiap RTM akan mendapat 50 ekor ayam, 2 sak pakan serta paket obat-obatan dan vitamin ternak.

Sementara Kepala Desa Plalangan Imas Maskuroh yang juga hadir pada kesempatan tersebut menyatakan rasa terima kasihnya kepada pemerintah yang telah membantu warganya, sehingga bisa mengurangi angka kemiskinan di desanya, “ Alhamdulillah masyarakat antusias sekali, berterimakasih karena sudah dapat bantuan ini dengan harapan bias meningkatkan ekonomi warga dan gizi (Protein) warga, apalagi penerima bantuan ini adalah buruh tani yang penghasilannya tidak sampai 1 juta per bulan, “ Terang Imas  Maskuroh (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: