Kenalkan 4 C ke Tamu Festival HAM di Jember

Jember, (titik0km.com) – Rangkaian Festival HAM 2019 yang digelar di Jember sudah berakhir, selama satu hari di hari ketiganya hingga tadi kamis malam, seluruh narasumber dibawa keliling ke berbagai destinasi wisata di yang menjadi unggulan di kabupaten Jember, selain mengunjungi Desbumi, nara sumber juga diajak ke Puslit Koka yang memiliki destinasi wisata keluarga dan edukasi berbasis kopi dan kakao selanjutnya menikmati sunset di Pantai Pasir Putih Malikan (Papuma).

Dalam kunjungan ke beberapa tempat destinasi wisata, Bupati Jember, dr. Faida, MMR mengajak peserta Festival HAM 2019 berkeliling menikmati 4C-nya Jember, yaitu Coffee, Cocoa, Cigarette, dan Culture.

Selama di Puslit Koka, para tamu mendapat sajian beraneka ragam jenis kopi dan kakao, Pusli Koka juga menjadi tempat riset dan produksi kopi dan coklat bermutu kelas dunia. “Puslit koka yang dulunya hanya terbuka untuk peneliti, saat ini bisa dikunjungi masyarakat,” terang bupati.

Dari wisata edukasi ini, masih kata bupati, banyak terjalin kerjasama. Diantaranya tentang budaya. Kerjasama tentang kopi. Ada juga tentang jagung. “Dengan semangat yang sama,  sinergitas ini diharapkan dapat membangun kesejahteraan bersama,” harap orang nomor satu di Jember ini.

Pada kunjungan peserta Festival HAM 2019 ini juga diluncurkan mesin roaster terbaru produk Puslit Koka, yang cocok untuk anak muda yang akan memulai mengembangkan bisnis café.

Mesin ini diberi nama Roasters Asasi, karena diluncurkan bersama Komnas HAM. Produk ini akan dipromosikan bersama Komnas HAM dengan membuat Cafe Asasi.

Sedangkan saat berada di Pantai Papuma, selain disuguhkan keindahan matahari terbenam, di Pantai ini, para tamu juga dihibur dengan berbagai kesenian budaya Pandhalungan, yang dikemas dengan galadinner.

“Ternyata Kabupaten Jember memiliki surga pantai yang indah, seindah dari yang selama ini kami lihat internet, pantai ini menyuguhkan ketenangan dan kedamaian, sehingga membuat pengunjungnya betah dan merasa nyaman,” ujar salah satu tamu festival HAM. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: