Kepeduliannya Pada HAM, Jadikan Faida Satu-Satunya Bupati Indonesia yang Diundang PBB

Jember, (titik0km.com) – Bupati Faida kembali menjadi perbincangan di dunia Internasional. Bukan karena penampilannya yang ‘mbois’. Tapi dia, sebagai bupati satu-satunya pemimpin daerah di Indonesia yang diundang PBB pada forum yang digelar di Swiss pada Senin (17/6/2019).

Faida dinilai layak menghadiri forum PBB tersebut, karena dinilai sebagai kepala daerah yang telah berperan aktif dalam pemenuhan Hak Asasi Manusia (HAM) pada masyarakatnya, sebagaimana kebijakannya yang selama ini dinilai berpihak pada pemenuhan HAM.

Patut dibanggakan. Sebab di negara Asia, selain Indonesia yang diwakili Bupati Faida, hanya Korea dan Nepal yang mendapat undangan sebagai delegasi. Sementara yang lain, berasal dari beberapa negara maju di Benua Eropa, seperti Australia, Afrika dan Amerika.

Data yang berhasil dihimpun Humas Pemkab Jember, negara-negara yang disandingkan dengan Bupati Faida, delegasi diantaranya berasal dari Amerika Serikat, Australia, Meksiko, Swedia, Uruguay, Italia, Spanyol, Korea, Prancis, Kamerun, Tunisia, Netherland dan Swiss sebagai tuan rumahnya.

“Tidak ada persiapan khusus, sebab apa yang akan di paparkan di dalam diskusi nanti merupakan hal yang selama ini sudah kami kerjakan, cuma bedanya hari ini akan kami paparkan di forum Internasional,” ujar Bupati Faida melalui sambungan telepon.

Bupati Faida sempat memberi bocoran tentang tema yang bakal jadi fokus materinya, seperti tema besar, “Jember sebagai kota ramah HAM serta tujuan pembangunan berkelanjutan (SDG’S) dalam konteks global dan Internasional,” ujar Bupati.

Dia pun mengaku bangga, dipilihnya Jember sebagai perwakilan Indonesia. Artinya kata Bupati Faida, Jember bisa mengambil peran sebagai miniaturnya Indonesia yang ramah HAM. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: