Kerusuhan Puger Dan Sebagian Kecil Gunung Es Di Selatan Jember

JEMBER (titik0km.com) – Kerusuhan di Puger Jember memang menyisakan banyak tanda tanya. Bagaimana bisa sebuah kota kecamatan yang terletak disisi selatan Kabupaten Jember tersebut tiba-tiba menjadi headline di banyak media akibat kerusuhan pada Rabu (11/09) beberapa waktu yang lalu.

Tak kurang Pangdam V Brawijaya Mayjen Ediwan Prabowo sontak memberikan pernyataan jangan sampai terjadi pengusiran di Puger, seperti yang dilansir pada media massa pada Kamis (12/09) yang lalu. Juga Gubernur tepilih Jatim yang baru Pakde Karwo juga menyatakan bahwa kerusuhan di Puger itu belum tentu konflik agama, bisa juga dipicu oleh persoalan ekonomi.

Menurut KH. Hasyim Muzadi, saat berkunjung dan mengikuti tahlil di rumah korban kerusuhan Puger, Eko Mardi Santoso hari Senin (16/09) malam, menekankan kepada semua pihak agar mewaspadai terhadap provokasi pihak dari luar, “Saya minta semua warga di Puger agar berhati hati terhadap pancingan kerusuhan, apalagi terprovokasi oleh pihak dari luar,” jelas KH Hasyim Muzadi

Pada tempat yang sama KH. Hasyim Muzadi, pengasuh Ponpes Al Hikam Malang ini juga menyampaikan agar aswaja dikuatkan melalui jalur dakwah seluas-luasnya, “Penyampaiannya bisa melalui dakwah dengan menggunakan ilmu atau melalui dengan berbuat kebaikan terhadap semua warga masyarakat di Puger ini,” kata KH Hasyim Muzadi yang juga Sekjen International Conference of Islamic Scholars atau ICIS ini, seraya berharap agar aparat bertindak adil dan seimbang antara fakta hukum dan motif kerusuhan.

Ada baiknya usulan KH Hasyim Muzadi tersebut segera ditindaklanjuti, serta pihak yang terkait dalam hal ini Pemkab Jember dan PC NU Jember serta lainnya, mulai melakukan hal yang lebih kongkrit di Puger, agar tidak muncul gunung es yang lain, seperti misalnya lebih banyak mengadakan kegiatan sosial di komunitas nelayan di Puger. (asd)

KH Hasyim Muzadi mengingatkan semua pihak agar berhati-hati dengan provokasi dari luar KH Hasyim Muzadi bersama KH Syadid Jauhari KH Hasyim Muzadi melakukan takziah ke rumah korban kerusuhan Puger Eko Mardi Santoso

One thought on “Kerusuhan Puger Dan Sebagian Kecil Gunung Es Di Selatan Jember

  1. Semoga semua segera membaik. Mari semua dalam keshalehan diri, meguatkan hati untuk senantiasa positif dalam berinteraksi.

    Kepada Tuhan, ALLAH SWT. kita berserah diri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: