Khitanan Ala Komunitas Grebeg Sedekah

Grebek Sedekan JemberJEMBER (titik0km.com) – Kegiatan sosial memang sepertinya masih pilihan untuk melakukan komunikasi sosial yang terarah dan lebih tepat mengena sasaran, serta muncul untuk jadi sarana perekat. Kegiatan komunitas yang dibangun atas dasar pertemanan, penghobi bahkan komunitas pengunjung sebuah warung kopi, bisa menjadi inspirasi dan tempat tumbuhnya kepekaan sosial kemanusiaan untuk membantu orang lain di lingkungan sekitar.

Seperti kegiatan yang dilakukan Komunitas Grebeg Sedekah Jember yang berencana mengadakan khitanan untuk anak-anak di Desa Suci, Kecamatan Panti, Jember yang akan dilangsungkan esok hari (19/05) . Menurut Mevi Widiati, salah seorang koordinator dari Komunitas Grebeg Sedekah Jember, kegiatan sosial seperti khitanan untuk anak-anak sudah dilakukan beberapa kali di wilayah Jember. “Beberapa waktu yang lalu Komunitas Grebeg Sedekah Jember melakukan khitanan untuk anak-anak di Dusun Slateng , Desa Slerok, Kecamatan Ledokombo, Jember sebanyak 20 orang anak. Juga beberapa kali bareng komunitas membuat kegiatan menyantuni dan menghibur anak yatim di Jember,” ungkap Mevi.

“Kegiatan khitanan di Desa Suci, Panti kali ini diikuti 100 anak-anak, untuk setiap anak yang dikhitan akan diberikan bingkisan berupa tas, sarung, buku, alat tulis dan uang saku termasuk juga obat untuk mereka yang dikhitan, untuk pembiayaannya semua murni dari sumbangan para donatur Komunitas Grebeg Sedekah Jember, ” papar Mevi saat ditemui di Warung Kopi Cak Wang di jalan Mastrip, Jember

Hidayat atau yang lebih dikenal Cak Oyong juga mengungkap memang untuk pertemuan dan koordinasi lebih banyak dilakukan di tempat seperti warung. “Lebih mudah di warung, juga karena kebetulan teman-teman yang aktif di Grebeg Sedekah sering menjadikan Warung Kopi Cak Wang ini sebagai tempat kongkow mereka,” ujar Cak Oyong yang juga salah satu penggiat Grebeg Sedekah Jember.

Beberapa penggiat Komunitas Grebeg Sedekah Jember juga terdapat salah seorang komisioner KPU Kabupaten Jember, Hanan Kukuh Ratmono,  sering mengikuti kegiatan Grebeg Sedekah ini. Termasuk Owner dari Cak Wang, Rahmad Cak Wang dan beberapa individu yang tergabung di komunitas lain, seperti komunitas foto  JPG, komunitas band indie FINGER Jember.

Aktivitas komunitas sejatinya akan lebih berisi dan menjadi tempat membangun rasa kepedulian dan kesetiakawanan sosial melalui bersedekah. Alangkah indahnya jika banyak kegiatan komunitas tidak hanya dikemas dengan sekedar kegiatan karikatif  serta rekreatif belaka, tapi mampu membantu pihak yang butuh uluran tangan mereka, bukankah tepat begitu? (ias)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: