Kirab Seni Budaya Bhinneka Tunggal Ika

KIRAB SENI BUDAYA BHINNEKA TUNGGAL IKA UNIVERSITAS JEMBER DAN POLITEKNIK NEGERI JEMBER MEMPERINGATI HARI LAHIR PANCASILA 1 JUNI 2013JEMBER (titik0km.com) Setelah tahun 2012 sukses menggelar Parade budaya, untuk kali kedua Universitas Jember bekerjasama dengan Politeknik Negeri Jember menggelar parade budaya. Acara ini merupakan salah satu rangkaian memperingati hari lahir Pancasila yang jatuh tepat pada tanggal 1 juni. Kali ini Parade menampilkan perpaduan seni modern dan tradisional.

Dalam kesempatan itu Rektor Universitas Jember Drs. Moh. Hasan M.Sc., Ph.D., mengatakan Peringatan hari Pancasila ini sebagai momentum untuk membesarkan kembali para tokoh yang mengawal kehidupan bernegara khususnya yang berasal dari Jember yaitu K.H. Ahmad Siddiq dan K.H A. Muchit Muzadi. “Melalui Nahdatul Ulama, kedua tokoh inilah yang memprakarsai sehingga menjadi ormas pertama yang menerima Pancasila sebagai ideologi bangsa,” papar Drs. Moh. Hasan M.Sc., Ph.D.

Dalam kesempatan yang sama Direktur Politeknik Jember Ir. Nanang Dwi Wahyono, MM mengatakan melalui momentum ini untuk mengemballikan lagi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bernegara. “Saat ini kondisi masyarakat semakin permisif pada tindakan-tindakan yang melenceng dari nilai Pancasila, kondisi tersebut hampir setiap hari ditayangkan di media massa,” Ir. Nanang Dwi Wahyono, MM.

Sementara itu Kirab seni budaya ini dimulai dari Kampus Politeknik Negeri Jember kemudian melalui rute jalan Riau, jalan Jawa, Jl Kalimantan dan berakhir di double way Universitas Jember. Kirab budaya ini diawali oleh parade Bendera dari Menwa Universitas Jember, diikuti Marching Band SDN Jember Lor 1, Marching Band SDN Jember Lor 3 yang bernama “Panji Laras”, Parade Bhineka Tunggal Ika, Jember Marching Band yang dikelola oleh Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Seni Budaya Olah Raga.

Anggota dari Jember Marching Band (JMB) ini adalah gabungan siswa dan mahasiswa dari berbagai sekolah dan perguruan tinggi.  Setelah penampilan JMB dilanjutkan dengan Pencak Silat dari Politeknik Negeri Jember sertaMarching Band Satya Wira Nada YLPI Diponegoro dari SMP dan SMA Diponegoro Suci Panti.

Pada Kirab Seni Budaya ini juga tampil Jantung Teater (Janter) sebagai unit kegiatan mahasiswa pertama di Universitas Jember. Selain Janter juga tampil “Lumut” yaitu Unit Kegiatan Mahasiswa Seni Politeknik Negeri Jember yang terdiri dari 3 bidang yaitu lukis, musik dan tari. Pada Kirab Seni Budaya ini LUMUT mempersembahkan tarian yang menceritakan tentang suku dayak yang memenangkan peperangan dengan penjajah.

KIRAB SENI BUDAYA BHINNEKA TUNGGAL IKA UNIVERSITAS JEMBER DAN POLITEKNIK NEGERI JEMBERPada kesempatan yang sama juga tampil Capoiera yaitu seni beladiri asal Brasil yang merupakan kombinasi antara seni gerak, musik dan beladiri.  Setelah Capoiera, tampil Can Macanan Kadduk, Musik Patrol yang berdiri sejak tahun 1984 dan Pencak Silat Universitas Jember. Kirab seni budaya ditutup dengan penampilan seni Reog Sardulo Anorogo Universitas Jember. Reog merupakan salah satu budaya daerah di Indonesia yang masih sangat kental dengan hal-hal yang berbau mistik dan ilmu kebatinan yang kuat.  Reog terdiri atas jathil, warok, bujang ganong dan pembarong.  Dalam pertunjukan reog ditampilkan topeng berbentuk kepala singa
yang dikenal sebagai “singa barong”. (asd)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: