KITLV Leiden Dan Universitas Jember Jajagi Kerjasama Riset Sosial Humaniora

Studium General Dr Roger Tol JEMBER (titik0km.com) – Dr. Roger Tol, Direktur Koninklijk Instituut voor Taal-, Land- en Volkenkunde (KITLV) kantor Jakarta menawarkan koleksi yang dimiliki oleh KITLV untuk mendukung riset bidang Sosial Humaniora kepada sivitas akademika Universitas Jember, khususnya Jurusan Ilmu Sejarah Fakultas Sastra. “KITLV menghimpun dokumen, data, buku, foto bahkan musik mengenai Indonesia sejak berdirinya di tahun 1851,” ujar Dr. Roger Tol saat memberikan kuliah umum berjudul KITLV dan Pencarian Data Sejarah & Sosio Humaniora di aula Fakultas Sastra (9/4).

Pria ramah asal Amsterdam ini kemudian menjelaskan KITLV adalah lembaga yang didirikan oleh Kerajaan Belanda yang mengkaji mengenai bahasa, negara dan antropologi. KITLV sendiri dikenal sebagai lembaga yang fokus pada penelitian ilmu antropologi, ilmu bahasa, ilmu sosial, dan ilmu sejarah wilayah Asia Tenggara, Oseania dan Karibia terutama wilayah yang dahulunya menjadi jajahan Belanda. Lembaga bereputasi internasional ini berpusat di Universitas Leiden.

KITLV sendiri memiliki tiga pilar utama yakni menghimpun bahan dokumentasi ilmiah, melaksanakan penelitian dan penerbitan ilmiah. Sebagai contoh KITLV memiliki 200 ribu koleksi foto Indonesia dari sejak jaman penjajahan. “Sudah banyak koleksi kami yang berbentuk bahan digital dan bisa digunakan dalam mendukung riset kawan-kawan di Universitas Jember,” kata ahli sastra Bugis ini lagi.

Tawaran KITLV mendapatkan sambutan hangat dari kalangan sivitas akademika Kampus Tegalboto. Seperti yang disampaikan oleh Nawiyanto, Ph.D., dosen pada Jurusan Ilmu Sejarah yang juga ketua panitia kegiatan. Menurutnya dalam kajian Ilmu Sejarah, ketersediaan dokumen adalah pintu pembuka dalam riset sejarah. “Tanpa dokumen maka tidak ada sejarah. Nah, KITLV dengan aset koleksinya tentu saja menjadi bahan berharga bagi penelitian di bidang sejarah,” jelas pakar sejarah lingkungan ini.

Sementara itu Dekan Fakultas Sastra, Dr. Khairus Salikin, M.Ed juga mendukung jika kerjasama antara KITLV dengan Universitas Jember segera dilakukan. Menurutnya selain kerjasama dalam bidang riset, adanya kuliah umum juga menjadi wahana berbagi ilmu dan pengalaman tidak hanya bagi dosen namun juga bagi mahasiswa. “Tentu saja nanti akan ditindaklanjuti dengan kerjasama secara resmi antara Universitas Jember dengan KITLV,” katanya.

Studium General Dr Roger Tol di Jurusan Sejarah Fakultas Sastra Universitas JemberKegiatan kuliah umum dibuka secara resmi oleh Pembantu Rektor I Universitas Jember, Drs. Zulfikar, Ph.D. Untuk diketahui sebelum memberikan kuliah umum, Dr. Roger Tol juga berkesempatan mengunjungi peninggalan Belanda di Jember, kunjungan dilakukan di Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia dan Pabrik Gula (PG) Semboro (8/4).  (ads)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: