Kodam V Brawijaya Optimal Amankan Pemilu April 2014

SURABAYA (titik0km.com) – Kepala Staf Kodam V/Brawijaya Brigjen TNI Asma’i memimpin pelaksanaan upacara 17-an pada hari Senin (17/3) di Lapangan Kodam V/Brawijaya.

Dalam amanat Pangdam V/Brawijaya yang dibacakan Kasdam menyampaikan tentang tugas Komando Kewilayahan, beberapa waktu yang lalu Kodam V/Brawijaya secara swadaya telah menyerahkan bantuan kemanusiaan kepada korban erupsi Gunung Kelud. Selain itu Kodam V/ Brawijaya dalam usahanya merehabilitasi dan merekontruksi akibat bencana Gunung Kelud juga mengadakan Karya Bakti.

Dalam Karya Bakti, banyak hal yang telah dilaksanakan, dimulai dari pembukaan akses jalan, pembersihan material vulkanik, perbaikan  rumah  warga  yang rusak, hingga membantu secara terbatas membenahi fasilitas air bersih, listrik, dan fasilitas umum yang rusak.

Beberapa hari yang lalu, unsur Pimpinan Kodam V/ Brawijaya telah melaksanakan Rapim Kodam V/Brawijaya. Besar harapan Pimpinan Kodam V/Brawijaya kepada unsur pimpinan satuan di bawahnya untuk segera menjabarkan program dan anggaran menjadi program kerja satuan masing-masing.

Selanjutnya, terkait dengan Pemilu Legislatif maupun Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, satuan jajaran Kodam V/Brawijaya diharapkan mampu secara optimal untuk melaksanakan operasi pengamanan yang dibutuhkan. Potensi kerawanan pada Pemilu 2014 yang harus menjadi perhatian kita bersama antara lain Konflik Komunal, Teror, Sabotase, Pengancaman  dan  Penculikan.

Dalam kaitan itulah, kepada para Unsur Pimpinan, Komandan Satuan serta segenap Prajurit Jajaran Kodam V/Brawijaya untuk senantiasa memonitor setiap perkembangan situasi dan mengumpulkan keterangan terhadap potensi kerawanan pada setiap tahapan Pemilu 2014. Tingkatkan koordinasi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah dalam rangka pengambilan langkah-langkah terpadu dan menyikapi setiap permasalahan.

Selanjutnya, siapkan Anggota di Satuan masing-masing untuk mengantisipasi apabila ada permintaan bantuan pasukan.  Laksanakan deteksi dini, pencegahan dini dan lapor cepat dalam menjalankan peran sebagai Bapulket dengan tetap menjaga sinergitas dalam pelaksanaan Pengamanan Pemilu 2014.

Kepada Segenap Prajurit dan PNS Kodam V/Brawijaya, agar benar-benar siap menghadapi Pemilu 2014 dengan tetap menjaga Netralitas, tidak berpolitik praktis dan berkomitmen menjaga semua pihak. Tidak mudah terhasut oleh fitnah, Black Campaign dan Money Politics, serta hindari usaha-usaha dari pihak lain untuk menyeret kita kepada politik praktis.

Bersama Rakyat, jadilah Pengawal Penyelenggaraan Pemilu 2014 yang adil, jujur, bersih dan bermartabat sesuai Peraturan atau Undang-Undang. (asd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: